KUNJUNGAN KOMISI I DPRD PROVINSI JAMBI

Komisi I DPRD Provinsi Jambi melakukan kunjungan dan studi tiru ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan Perpustakaan Rakyat Kelurahan Pagesangan Surabaya pada hari Rabu tanggal 22 Januari 2020. Rombongan disambut oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Bapak Hasto Hendarto dan Pustakawan Utama Bapak Sudjono. Kunjungan ini bertujuan untuk mencari informasi tentang penyelenggaran peraturan daerah dan inovasi pelayanan publik. Ketua Komisi I DPRD dalam pertemuan ini menyampaikan bahwa kondisi komparatif dilihat dari inovasi, kondisi demografi maupun ketersediaan anggaran, maka Provinsi Jawa Timur adalah rujukan yang tepat bagi Provinsi Jambi untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh tentang arah pengaturan, ruang lingkup dan mekanisme penyelenggaraan perpustakaan khususnya untuk mempercepat inovasi pelayanan perpustakaan di Provinsi Jambi.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyampaikan apresiasi dan penghargaan bagi DPRD Provinsi Jambi yang telah berkunjung ke Jawa Timur.

Lebih lanjut Pak Hasto menjelaskan bahwa Perda Perpustakaan yang ada di Jawa Timur juga merupakan inisiatif DPRD dan Perda ini menjadi saluran untuk membuka inovasi bagi penyelenggaraan perpustakaan, salah satunya adalah program Dongeng Keliling yang mendapat respon yang baik oleh masyarakat dan pada tahun 2020 akan dilaunching drive thru untuk peminjaman buku yang memudahkan bagi masyarakat untuk dapat mengakses koleksi perpustakaan.

Pada kesempatan ini para rombongan Komisi I DPRD juga berkunjung ke Perpustakaan Rakyat Kelurahan Pagesangan Surabaya sebagai pemenang ketiga tingkat nasional perpustakaan desa terbaik. Bersama dalam rombongan ada Calon Duta Baca Provinsi Jambi Ibu Ezzaty sebagai anggota DPRD termuda dan berlatar belakang pendidikan sarjana psikologi yang ikut serta. Beliau sangat terkesan dengan pengelolaan Perpustakaan Rakyat Kelurahan Pagesangan, karena sudah mengikuti teknologi terbaru. Pelayanan sudah menggunakan layanan virtual dan bisa diakses melalui smartphone, juga sudah bekerjasama di setiap warung kopi di daerah Pagesangan dan sekitarnya. Implementasi hasil koleksi entrepreneurship sudah terwujud dengan perpustakaan berbasis inklusi sosial dan di Provinsi Jambi belum ada. Perpustakaan Rakyat Kelurahan Pagesangan ini merupakan binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, dengan memberdayakan masyarakat dan warga sekitar untuk menjadi sukarelawan perpustakaan dan mengajak khususnya anak-anak untuk dapat hadir ke perpustakaan dengan konsep yang menarik dan ramah anak. (nadia-psd)

Leave a Comment