WhatsApp Image 2021-04-07 at 10.29.51

Rabu, 7 April 2020 DInas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur melakukan kegiatan Persiapan Dini: Telaah Budaya Jawa Timur 2021. Kegiatan ini sendiri dilakukan di Ruang Graha Pustaka dan diikuti oleh 100 orang peserta dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Tujuan Telaah Budaya Jawa Timuran bertujuan untuk penyelamatan dan pelestarian koleksi budaya jawa timuran; peningkatan kualitas dan kuantitas jenis dan subyek informasi; serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana perpustakaan dalam memberkan sarana dan prasarana perpustakaan. 

Persiapan Dini: Telaah Budaya Jawa TImur Tahun 2021 menghadirkan narasumber Teguh Setiawan Wibowo, MM, M.Si., M.Farm., Apt. dan Yonatan Rahardjo (Pimpinan Penerbit Majas/ Budayawan) (materi:http://bit.ly/telaahjatim2021 ) dalam kegiatan ini peserta dibekali tentang perkembangan dan bentuk budaya serta teknik penulisan. Dalam kontek budaya sendiri dibai menjadi unsur Budaya yaitu, religi, organisasi masyarakat, pengetahuan, ekonomi, teknlogi, bahasa dan kesenian. 

Acara ini dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, Drs. Supratomo, M.Si. selaku Budaya Jawa Timur sangatlah banyak, dari unsur sub etnis budaya terdapat Jawa Mataraman, Arek, Madura Pulau, Pendalungan, Jawa Panoragan, Osing, Tengger, Madura Bawean, Madura Kangean, dan Samin. dengan kekayaan yang dimiliki oleh jawa imur belum banyak terdikuentasikan dengan baik. diharapkan dengan keiatan ini muncul banyak tulisan dan pendokumentasian tentang budaya Jawatimuran. (WDP)

WhatsApp Image 2021-04-07 at 10.29.50
Peserta Acara Persiapan Dini Telaah Budaya jawa Timur