Peningkatan Literasi melalui Kegiatan Bazar Buku “Out of The BooX Warehouse Sale”

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Ir. Tiat S. Suwardi, M. Si membuka Bazar Buku “Out of The BooX Warehouse Sale” 2023 yang bertempat di Gedung PT. Mizan Media Utama Jl. Brigjen Katamso No. 117, Janti, Waru, Sidoarjo. Menurut Ibu Tiat acara OOTB tersebut dapat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Jawa Timur. Terdapat serangkaian event dalam acara tersebut, diantaranya pameran buku, obral buku, kegiatan dongeng, dan lomba-lomba.

Dalam sambutannya, Ibu Tiat juga menyampaikan harapan agar acara OOTB dapat menjadi event yang berkelanjutan, karena dengan adanya acara semacam ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan buku yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau serta bukan buku-buku bajakan.

“Sehingga pada akhirnya dapat membangun masyarakat yang cerdas dan berakhlak mulia sebagai upaya peningkatan mutu sumber daya manusia serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, ” katanya.

Ibu Tiat mengajak seluruh stakeholder untuk bahu-membahu melakukan berbagai upaya peningkatan literasi masyarakat Jawa Timur. Karena tugas ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, namun menjadi tugas bersama para pemangku kepentingan termasuk pegiat literasi dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota. Dengan sinergi yang dilakukan oleh stakeholder terkait maka diharapkan tujuan tersebut lebih mudah untuk dicapai.

Sementara, dalam memberikan pengalaman baru dengan membeli buku langsung dari gudangnya, Out Of The Boox (OOTB) kembali hadir dengan tema #BeliBukuLangsungDariGudang. Diskon yang ditawarkan mulai dari 25-90% dan dilaksanakan pada 23 Februari-13 Maret 2023 serentak di 4 Kota, yaitu Mizan Media Utama Logistik Jakarta, Mizan Media Utama Bandung, Bentang Pustaka Yogyakarta, dan Mizanstore Surabaya.

Ada ribuan eksemplar buku lokal, buku internasional serta mainan edukatif. Selama event berlangsung, OOTB 4 Kota tidak hanya menghadirkan bazar buku, tetapi akan ada berbagai acara literasi, seperti jumpa penulis, bedah buku, wisata buku penerbit dan lomba mewarnai. OOTB 4 Kota sendiri akan dibuka mulai jam 09.00 – 19.00 WIB. Khusus hari pertama pada 23 Februari 2023 akan ada diskon spesial 40-90% untuk semua buku lokal dan buku internasional. Selain itu OOTB 4 Kota juga bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan setempat demi mendukung gerakan literasi. (pkm)

Leave a Comment