Rapat Kerja GPMB Jatim dan Seminar Nasional Tahun 2016 Revolusi Mental dengan Membaca

GPMB Jatim (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Provinsi Jawa Timur) pada Rabu, 30 Maret 2015 menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja dan Seminar Nasional “Revolusi Mental dengan Membaca” Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Provinsi Jawa Timur di aula Graha Pustaka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut terselenggara bekerjasama dengan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Tujuan Rapat Kerja dan Seminar Nasional GPMB adalah meningkatkan profesionalisme penggerak minat baca di Jawa Timur serta membangkitkan semangat dan kemauan membaca masyarakat menjadikan budaya masyarakat. Serta turut serta mewujudkan pembangunan masyarakat Indonesia terutama di Jawa Timur menjadikan manusia yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi luhur sebagai subjek pembengunan nasional. Kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih 200 peserta yang terdiri dari 38 calon kepengurusan GPMB kab/kota di Jawa Timur, pustakawan, pemerhati kepustakawanan,dosen, guru, mahasiswa, siswa, dan penggerak/penggiat literasi dan membaca di Jawa Timur. Turut serta hadir dari perwakilan Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Rapat Kerja dan Seminar Nasional tahun ini dibuka oleh Drs. Sudjono, MM., Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Dalam pengarahan pembukaannya  Drs. Sudjono, MM. menekankan bahwa saat ini GPMB Jawa Timur saat ini telah banyak bersinergi dengan semua stakeholder bersama-sama melaksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan minat baca di Jawa Timur. Karena Membaca bukan lagi sebagai membuka jendela dunia, tapi lebih dari itu yaitu Membaca merupakan kunci kesuksesan. Pelaksanaan Rapat Kerja GPMB Jawa Timur dipimpin oleh Drs. Hasto Hendarto, MM. – Ketua PD- GPMB Jawa Timur dan Melkion Donald, S.Pd., M.Hum. (Sekretaris GPMB Jawa Timur) membahas tentang pembentukan Pengurus Daerah GPMB Di 38 Kabupaten/Kota dan memulai kembali menggerakkan pengembangan minat baca di Jawa Timur.

Pada sesi seminar nasional dengan tema: “REVOLUSI MENTAL DENGAN MEMBACA” Narasumber Dra. Ec. Trini Haryati (YPPI, Wakil Ketua GPMB Jatim) dan Wibowo Purnomohadi (Sekretaris Forum TBM Jawa Timur) dengan moderator: Munawaroh, S.Sos., M.Si. (Kepala Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya, Pengurus GPMB Prov. Jatim). Kedua narasumber memberikan penekanan pada perubahan maindset terhadap membaca. Dan revolusi mental yang mengarah pada kerja keras, adalah bagaimana buku bisa menginspirasi seseorang menjadi seperti yang ditokohkan. Dan dalam keyakinan muslim bahwa Bacalah adalah perintah tegas dari Tuhan melalui ayat pertama kitab al-Quran diturunkan, jadi hukumnya wajib, melanggar berarti menanggung resiko. (who)