Penyelenggaraan program transformasi perlu disambut dan diapresiasi, ini menunjukkan Perpusnas RI mengembangkan paradigma baru perpustakaan, khususnya perpustakaan umum untuk bertransformasi menuju peran yang lebih besar dan strategis. Paradigma yang ada selama ini mengukur keberadaan perpustakaan dengan tanggungjawab menumbuhkan minat baca masyarakat. Jika indeks minat baca masyarakat masih rendah, maka perpustakaan dinilai tidak berperan sebagaimana mestinya.

Dengan paradigma baru ini, maka perpustakaan dituntut untuk makin mengoptimalkan peran dan fungsinya sebagai pusat belajar dan kegiatan masyarakat. Salah satu upaya nyata dapat dilakukan oleh perpustakaan dengan Peer Learning Meeting secara rutin, untuk dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya transformasi perpustakaan, kemudian memberikan informasi tentang hasil yang dicapai serta menginformasikan dukungan apa yang dibutuhkan oleh perpustakaan dan juga manfaat yang bisa didapatkan program ini.

Peer Learning Meeting ini diselenggarakan di Surabaya Suites Hotel selama empat hari (4-7/7/2022) dan acara dibuka oleh Kepala Disperpusip Prov. Jatim, Ir. Tiat Surtiati Suwardi, M.Si.

(nad-psd)