Selasa, 28 Juni 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kegiatan DARLING (Dongeng Anak dan Remaja Keliling) / DOLEN (Dongeng Online) di LPKA Kelas I Kota Blitar. Acara dibuka oleh Bapak Sugeng yang merupakan perwakilan dari LPKA. Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Disperpusip Prov. Jatim yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan disini guna meningkatkan literasi pada anak – anak binaan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Bapak Dwiko selaku Sekretaris Dinas menyampaikan pengalaman dan perjalanan hidupnya disaat muda dan berbagai jenis layanan yang dapat dimanfaatkan oleh lapas yaitu layanan pinjam paket dan darling (dongeng anak dan remaja keliling). Beliau memotivasi senakal – nakalnya anak dapat berubah menjadi baik dengan usaha dan doa dari orang tua. Beliau juga berpesan kepada anak – anak untuk berubah menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui instagram @disperpusipprovjatim dan berlangsung dengan meriah. Selain berkolaborasi dengan LPKA Kelas 1 Kota Blitar, Disperpusip Prov. Jatim juga berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar.

 Selanjutnya, anak – anak binaan mengikuti ice breaking dengan riang gembira dari Kak Nitnit. Setelah ice breaking, anak – anak mengikuti dongeng dengan judul Kaia Si Rambut Keriting. Dongeng ini memiliki pesan moral untuk lebih percaya diri dan tidak usah minder terhadap kekurangan yang ada pada diri sendiri. Kak Nitnit juga memberikan game yang menambah keseruan di tengah – tengah acara. Game ini berisi pesan yang tersirat kepada anak – anak untuk tetap fokus menata masa depan dan melupakan masa lalu. Tidak hanya itu, pendongeng juga memotivasi kepada anak – anak untuk melangkah ke masa depan dengan percaya diri dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kunjungan kali ini merupakan kegiatan rutin bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur untuk membudayakan gemar membaca dan meningkatkan literasi untuk warga binaan khususnya bagi anak – anak. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dan gemar membaca pada anak – anak sehingga menjadi anak – anak yang cerdas, aktif, produktif, kreatif, inovatif dan kompetitif sebagai sumber daya manusia yang unggul untuk mengisi pembangunan nasional Indonesia dan menjadikan literasi sebagai kebutuhan sehari hari sebagai generasi milenial dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah yaitu Sumber Daya Manusia unggul Indonesia maju. Dan merupakan tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dalam mengembangkan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang berbudaya literasi. (Dian-pustakawan)