Di Jawa Timur terdapat 27.788 perpustakaan yang terdiri dari 3.668 perpustakaan desa, 17.862 perpustakaan sekolah, 305 perpustakaan perguruan tinggi, 4.378 perpustakaan rumah ibadah, 1.046 perpustakaan pondok pesantren, 78 perpustakaan kabupaten/kota/kecamatan dan 529 perpustakaan dinas/instansi. Namun, yang telah melakukan registrasi di aplikasi NPP sebesar 38 % atau sejumlah 10.563 perpustakaan, sedangkan 62 % atau 17.225 perpustakaan belum melakukan registrasi NPP.

Dengan beberapa kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan registrasi NPP selama ini, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur perlu melaksanakan kegiatan Workshop Pendataan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, dan Pustakawan Sekolah Tingkat Menengah di Jawa Timur, se-wilayah Kerja Bakorwil V Jember Tahun 2022 yang diikuti oleh beberapa kabupaten/kota wilayah kerja Bakorwil V Jember dengan sasaran perpustakaan sekolah tingkat atas (SLTA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA).

Diharapkan dengan kegiatan ini pustakawan dan tenaga pustakawan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik selaku admin aplikasi pendataan maupun pengelola perpustakaan. Dengan begitu, seluruh perpustakaan yang ada di Indonesia dapat terselenggara sesuai standar nasional perpustakaan.

(nad-psd)