Sebanyak 55 peserta tenaga pengelola perpustakaan khusus Pondok Pesantren Salafiyah mengikuti Pembinaan Perpustakaan Khusus di Hotel Platinum Tunjungan Surabaya (21-23/06) selama tiga hari.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Timur bapak Saichul Ghulam yang memberi sambutan sekaligus membuka acara.

Jumlah Perpustakaan Pondok Pesantren belum maksimal, masih banyak Pondok Pesantren di Jawa Timur belum maksimal mengelola perpustakaannya sesuai standar nasional perpustakaan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mempunyai kewajiban membina semua jenis perpustakaan di Jawa Timur dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi. Untuk itu perlu dukungan dan kebijakan pimpinan Pondok Pesantren yang menaungi Perpustakaan Khusus.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan merubah cara pandang Tentang pentingnya keberadaan Perpustakaan pada sebuah Pondok Pesantren seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, serta dapat meningkatkan pengetahuan tenaga pengelola perpustakaan Pondok Pesantren dalam mengelola perpustakaan sesuai standar nasional perpustakaan serta fungsinya Perpustakaan Pondok Pesantren sebagai Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

(Nad-PSD)