Sosialisasi Perpustakaan Pendidikan Khusus (SLB) di Jawa Timur

Pada masa sekarang perpustakaan sekolah khususnya pada Pendidikan Sekolah Khusus (SLB) dapat berfungsi dan bermanfaat untuk masyarakat di sekitar sekolahnya dengan menyediakan kebutuhan informasi mereka serta dapat menjadi tempat berkegiatan masyarakatnya.
Provinsi Jawa Timur memiliki perpustakaan sebanyak 27.896 lembaga dari semua jenis perpustakaan. Dari data tersebut jumlah perpustakaan sekolah sebanyak 17.873 lembaga dengan hitungan 12,9 % terakreditasi. Data yang kami miliki Pendidikan Sekolah Khusus (Sekolah Luar Biasa) di Jawa Timur sebanyak 290 sekolah dan yang memiliki perpustakaan 3,8 % (data per Oktober 2023).
Perpustakaan Sekolah merupakan sub sistem program pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian perpustakaan sekolah dijadikan komponen yang tidak terpisahkan dari keseluruhan komponen pendidikan. Perpustakaan sekolah diharapkan berfungsi sebagai sarana yang turut menentukan proses belajar mengajar yang baik dan mampu memberikan warna dalam proses interaktif edukatif yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan misi dan visi yang diemban perpustakaan sekolah.
Kami berharap dengan adanya kegiatan Workshop Perpustakaan Pendidikan Sekolah Khusus yang bertempat di Hotel Platinum Surabaya pada hari ini (23/11/2023) mampu meningkatkan profesionalitas dan kompetensi tenaga pengelola perpustakaan dan pustakawan pendidikan sekolah khusus (SLB) agar dapat mengembangkan perpustakaan sekolahnya sehingga tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud.
(*nad)