Disperpusip Jatim Restorasi 2 Naskah Kuno Milik Masyarakat Sumber Anyar Paiton Probolinggo

Surabaya, 24  November 2023 –Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur terus berupaya dalam melestarikan dan menjaga naskah kuno yang tersebar di wilayah Jawa Timur.  Salah satu langkah yakni berkolaborasi dengan Disperpusip Kabupaten Probolinggo dalam perbaikan atau konservasi fisik dan pelestarian informasi naskah kuno berjudul Noto Sudjono milik masyarakat Desa Sumber Anyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

2 (dua) Naskah kuno tersebut beraksara pegon, berjumlah sekitar masing 50 halaman dan 78 halaman ini ditemukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo dalam kondisi rusak parah, kertas sudah mengalami kerapuhan, jilidan terlepas, halaman cover dan beberapa halaman juga hilang. Naskah kuno tersebut diperkirakan ditulis pada akhir 1800an karena ciri-ciri fisik seperti bahannya dari kertas daluang dan menggunakan tita hitam.

Tujuan pelestarian fisik ini adalah untuk mencegah kerusakan dan mengembalikan kondisi fisik yang dimakan zaman. Naskah kuno merupakan karya intelektual, indikator kemajuan sebuah peradaban yang perlu dilestarikan dan dijaga dari kerusakan dan kehancuran.  Pelestarian fisik dan informasi ini merupakan kerja kolaboratif antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo. Naskah tersebut diserahkan Dispersip Kabupaten Probolinggo pada bulan 10 NOvember 2023 .

 Pada tahun 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo telah bekerja sama melakukan konservasi fisik sebanyak 2 naskah kuno. Pekerjaan ini memakan waktu cukup lama untuk pembersihan, penguatan kertas dengan resizining menggunakan lem CMC, laminasi, dan penjilidan ulang. Selain itu, ada 15 alih media dan pembuatan kotak penyimpanan atau portepel.

Penyerahan kembali manuskrip setelah konservasi dilakukan Kabid Deposit, Pengembangan, dan Pelestarian Disperpusip Prov. Jatim Melkion Donald, S.Pd., M.Hum. kepada Kepala Bidang Pengembangan Budaya Baca Dan Pelestarian Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo Dra. Luluk Nurchasanah, M.Si.

Kedua lembaga sepakat melanjutkan program kolaboratif untuk pemetaan kantong naskah kuno dan pelestariannya di Kabupaten Probolinggo (*wdp)

Leave a Comment