Naskah Kuno, MPK dan Dongeng Milik Disperpusip Jatim Meriahkan HAI 2023 di Kota Batu

KOTA BATU, 22 Nopember 2023 – Manuskrip naskah kuno milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Prov. Jatim kembali meriahkan kegiatan Pemprov Jatim. Kali ini, event tersebut digelar di puncak acara peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) tahun 2023 tingkat Jawa Timur di Pasar Induk “Among Tani” Kota Batu, Rabu (22/11).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Jatim, Ir. Tiat S. Suwardi, MSi itu mengatakan, produk milik lembaganya itu ditampilkan untuk memeriahkan peringatan HAI tahun 2023 yang digelar di Kota Batu mulai 21-22 November 2023.

“Di puncak acara Hari Aksara Internasional ini kita ingin memeriahkan dan menampilkan manuskrip-manuskrip yang kita miliki,” kata Tiat.

Selain memamerkan manuskrip naskah kuno, kegiatan yang bertujuan untuk menampilkan produk hasil pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) berbasis literasi itu juga menampilkan mobil perpustakaan keliling (MPK) beserta mobil dongeng anak dan remaja keliling (Darling).

“Untuk naskah kuno yang kita tampilkan berupa media digital hasil alih media,” kata Tiat.

Jumlah koleksi naskah kuno digital yang dihimpun sebanyak 185 naskah. Naskah kuno digital tersebut merupakan hasil alih media lembaganya.

“Manuskrip tersebut dalam bentuk digital dan bisa dilihat melalui e-kios.

Lebih lanjut Tiat menjelaskan, ratusan manuskrip digital tersebut merupakan hasil alih media dari beberapa lokasi di seluruh Jatim. Beberapa lokasi tersebut berada di lingkungan pondok pesantren dan masyarakat umum.

“Ada juga manuskrip yang dialih mediakan milik masyarakat adat, institusi maupun pemerintahan.
Isinya, terdiri banyak hal,” jelasnya.

Selain serat yusuf, naskah pembelajaran tentang dunia pondok pesantren, juga naskah tentang obat-obatan. Yang lainnya juga ada naskah tentang Negarakertagama, Pararaton, Sutasoma.

“Ada juga tentang ramuan jamu-jamuan atau pengobatan tradisional. Ada juga naskah tentang berdirinya sebuah desa,” terangnya.

Sementara untuk MPK, pihaknya melibatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu. Sedang mobil Darling sendiri, pihaknya menampilkan mobil milik lembaganya sendiri.

“Kami selalu berkolaborasi dan melibatkan teman-teman daerah. Harapannya agar mereka juga terlibat di setiap acara besar yang kita selenggarakan,” ungkapnya.

Selama pelaksanaan, MPK dan Mobil Darling juga menggelar acara bimbingan literasi dan dongeng anak-anak. Acara tersebut dilaksanakan untuk memberikan edukasi literasi kepada pelajar yang hadir.

“Kami akan berupaya terus untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Jatim,” katanya. (*)

Leave a Comment