Tingkatkan Gemar Membaca di Jawa Timur, Disperpusip Gelar Ratek TKM

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupaya meningkatkan gemar membaca pada masyarakat, salah satunya dengan terselenggaranya Rapat Teknis Tingkat Kegemaran Membaca (TKM) oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur di Hotel Swiss Belinn Airport Kab. Sidoarjo, Rabu (30/3).

Adanya Ratek TKM ini sejalan dengan arahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dimana peran perpustakaan sangat penting karena tidak hanya membudayakan gemar membaca, tetapi juga meningkatkan literasi masyarakat.

Pada Tahun 2021, Perpustakaan Nasional RI mengkaji bahwa tingkat kegemaran membaca di Jawa Timur mencapai 64,20 untuk 3 Kabupaten/Kota (Kota Surabaya, Kab. Lamongan, Kab. Jombang) yang menjadi sampling. Tahun 2022 target akan ditingkatkan menjadi 64,50 untuk seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Disperpusip Jatim, Dwi Widjajaningsih mengharapkan dalam Ratek tersebut setiap peserta dapat memahami mekanisme dan teknis kajian tingkat kegemaran membaca dan menjadi bagian dari kegiatan kajian yang dilakukan Disperpusip Jatim.

“Kegiatan Ratek TKM ini menjadi sebuah terobosan baru di Jawa Timur dalam melakukan penyeragaman pelaksanaan kajian tingkat kegemaran membaca di Jawa Timur” tandas Dwi Widjajaningsih.

Ia menyampaikan guna mempertajam pemahaman dan pelaksanaan kajian yang signifikan, maka materi yang dipaparkan para narasumber sudah sangat memberikan modal pengetahuan kepada peserta.

(Nad-PSD)

Leave a Comment