PEER LEARNING MEETING NASIONAL

Peer Learning Meeting (PLM) adalah bagian tahapan kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI dan dilaksanakan pada tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

Program transformasi berbasis inklusi sosial tahun 2019 ini mencakup 21 provinsi, 60 perpustakaan kabupaten dan 300 perpustakaan desa. Kegiatan ini memiliki tujuan memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui peningkatan kemampuan literasi yang meningkatkan kreativitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi serta perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat yang menyediakan informasi dan fasilitas belajar masyarakat berperan penting untuk mendorong peningkatan literasi masyarakat.

Provinsi Jawa Timur tahun 2019 ini mendapatkan bantuan dari Program transformasi berbasis inklusi sosial untuk 3 (tiga) kabupaten dan 14 (empat belas) desa yaitu : Ngawi dan 6 (enam) desa, Ponorogo dan 5 (lima) desa serta Blitar dan 3 (tiga) desa.

Kegiatan PLM tahun ini diselenggarakan di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kota Surabaya, Hotel JW Marriott Jl. Embong Malang No. 85 – 89 Kedungdoro Tegalsari,

dalam 3 (tiga) hari mulai tanggal 3 Desember 2019 dan berakhir tanggal 5 Desember 2019.

Kegiatan PLM ini mempunyai tujuan memfasilitasi proses saling belajar dan berbagi pengalaman antar perpustakaan, memotivasi dan membangun kepercayaan diri peserta untuk terus melaksanakan rencana kerja transformasi perpustakaan kabupaten maupun desa serta memperkuat proses mentoring dan monitoring perpustakaan kabupaten dan desa.

Peserta sebanyak kurang lebih 1000 orang terdiri dari 21 Dinas Perpustakaan Provinsi, 93 Dinas Peprustakaan Kabupaten/Kota dan 334 desa.

Narasumber yang dihadirkan oleh pihak penyelenggara diantaranya Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementrian Komunikasi dan Informasi, Direktorat Jenderal Anggaran Kementrian Keuangan, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

Agenda kegiatan PLM tahun 2019 ini, pertama : capaian implementasi program transformasi perpustakaan di 21 provinsi, 60 kabupaten dan 300 desa; kedua : kelas-kelas interaktif sebagau media saling belajar dan berbagi pengalaman dan pembelajaran dalam pengembangan perpustakaan; ketiga : lapak/booth dari 21 provinsi yang menampilkan produk-produk dan dikembangkan oleh masyarakat hasil belajar di perpustakaan; keempat : pemberian apresiasi kepada perpustakaan yang berprestasi dalam mengimplementasikan strategi-strategi transformasi perpustakaan. (Hani)

Leave a Comment