BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN ARSIP PEMERINTAHAN DESA BAGI SEKRETARIS DESA/KELURAHAN SE JAWA TIMUR ANGKATAN VI TAHUN 2013

Dalam rangka untuk lebih memaksimalkan kemampuan aparatur pemerintahan desa dalam pengelolaan arsip. Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa bagi Sekretaris Desa/Kelurahan. Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan dan ketrampilan Sekretaris Desa/Kelurahan di bidang kearsipan untuk mendukung pembangunan Desa/Kelurahan dan juga untuk meningkatkan mutu dan implementasi penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintahan Desa/Kelurahan, sehingga terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan efisien untuk mendukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa sebanyak 16 angkatan sejak Program Arsip Masuk Desa (AMD) diluncurkan tahun 2009 dengan total peserta 1.047 Sekretaris Desa/Kelurahan. Program AMD ini adalah untuk meningkatkan peran arsip dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa/kelurahan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di desa. Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur berharap bahwa akhir tahun 2014 kami dapat melatih setidaknya 50% dari total Desa/Kelurahan di Jawa Timur. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 75 orang Sekretaris Desa/Kelurahan di lingkungan Bakorwil III Malang bertempat di UB Hotel Malang selama 4 (empat) hari tanggal 11 – 14 Nopember 2013. (Fath)