MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN MINAT DAN BUDAYA BACA

Membaca adalah merupakan salah satu ciri orang pintar. Semakin banyak membaca, semakin luas juga wawasan. Oleh sebab itu, para orang tua perlu melatih dan menanamkan minat baca anak-anaknya sejak dini.

Hal-hal yang menjadi pendorong tumbuh dan bangkitnya minat baca ialah ketertarikan, kegemaran dan hobi membaca, dan pendorong tumbuhnya kebiasaan membaca adalah kemauan dan kemampuan membaca.  Berseminya minat dan budaya baca adalah kebiasaan membaca, sedangkan kebiasaan membaca terpelihara dengan tersedianya bahan bacaan yang baik, menarik, memadai, baik jeins, jumlah maupun mutunya. Ini merupakan formula untuk membangun dan mengembangkan minat dan budaya baca,gerakan ini harus dimulai sejak usia dini (kanak-kanak).

Sebagai penyedia jasa layanan perpustakaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur langkah awal dimulai dengan perkenalan koleksi terhadap pemustaka mulai dari anak-anak  prasekolah, TK hingga anak-anak Sekolaha Dasar. Untuk lebih menarik perhatian anak-anak, diselenggarakan kegiatan mendongeng dan pemutaran film yang di mulai bulan Januari sampai bulan Desember 2013.Dengan model kegiatan mendongeng akan membentuk karakter anak dan akan diingat dan dibawa  sepanjang hayat . Kunjungan semakin meningkat berkat kerjasama pustakawan dengan para guru, dan wali murid yang menjadi anggota perpustakaan. Sampai bulan ini kunjungan wisata pustaka sudah mencapai  2201 siswa dan pendamping sebanyak 73 pendamping (yns)