Sosialisasi Perpustakaan Khusus Instansi (OPD) dan Swasta di Jawa Timur Tahun 2024

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan bahwa setiap instansi/lembaga Pemerintah wajib menyelenggarakan perpustakaan yang dikelola sesuai Standar Nasional Perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawan di lingkup kerjanya. Perpustakaan Instansi menurut jenisnya adalah termasuk perpustakaan khusus. Penyelenggaraan perpustakaan khusus paling sedikit memenuhi syarat yaitu memiliki koleksi perpustakaan, tenaga perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, sumber pendanaan, dan memberitahukan keberadaannya ke Perpustakaan Nasional RI (dengan mendaftar nomor pokok perpustakaan). Hal ini akan terlaksana dengan baik apabila dukungan dari lembaga induknya dan selalu berjejaring dengan lembaga pembinanya yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur serta dengan Perpustakaan Khusus lainnya yang ada di Jawa Timur.
Dalam kegiatan Sosialisasi ini juga dihadiri dan dibuka oleh ibu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang turut memberikan titik baca buku digital ke lima lembaga dan instansi yaitu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Bakorwil IV Pamekasan, Perpustakaan Masjid Sabilillah Malang, Perpustakaan Universitas Hayam Wuruk Surabaya, dan Perpustakaan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur. Serta penandatanganan MoU komitmen bersama kepada Universitas Bojonegoro (Unigoro) dan Universitas Negeri Malang.
Maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini adalah memberikan informasi, gambaran awal dan wawasan seputar penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan khusus instansi sesuai dengan standar nasional perpustakaan yang berlaku, yang diikuti oleh 60 (enam puluh) peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur dan Swasta di Jawa Timur.
(nad/binpus)