Kadis Disperpusip Jatim : Halbil Jadi Momen Silaturahmi, Konsolidasi dan Kolaborasi Program

SURABAYA, 19 April 2024 – Suasana bulan syawal yang masih terasa dimanfaatkan para ASN di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Prov. Jatim untuk bersilaturahmi bersama. Meski digelar sederhana, namun ajang silaturahmi yang dikemas dalam bentuk halal bihalal tersebut menjadi sebuah momen yang istimewa.

Kepala Disperpusip Jatim, Ir. Tiat S. Suwardi, MSi mengatakan, silaturahmi tersebut menjadi sebuah kegiatan yang sangat penting. Selain membangun keakraban dan silaturahmi di kalangan ASN Disperpusip Jatim juga untuk mengkonsolidasikan berbagai program instansi yang harus dilaksanakan bersama.

“Saya ingin menyampaikan minal aidzin mohon maaf lahir dan bathin. Kita patut bersyukur karena kita bisa dipertemukan di ramadhan tahun ini dan semoga dipertemukan di ramadhan yang akan datang,” kata Kepala Disperpusip Jatim, Ir. Tiat S. Suwardi saat menggelar acara halal bihalal di Kantor Disperpusip Prov. Jatim, Jl. Menur Pumpungan 32 Surabaya, Jumat (19/4/2024).

Menurut Tiat, halal bihalal menjadi sebuah kegiatan silaturahmi yang sangat bagus dan istimewa. Tak hanya itu, momen tersebut juga menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam mengkonsolidasikan dan mengkolaborasikan berbagai program yang sudah dirancang.

“Momen ini bisa menjadi tonggak kita untuk semakin bekerja secara giat dan kompak lagi. Sebab kantor kita ini sepertiganya kita bekerja. Untuk itu harus kita nikmati bersama,” ujarnya.

Tiat pun menyinggung bagaimana tuntutan kinerja ASN di lingkungan Pemprov Jatim perlu berinovasi dan terus berkarya bagi masyarakat Jatim. Salah satu fokus pentingnya adalah dengan cara meningkatkan literasi masyarakat.

“Seperti yang disampaikan Bapak Pj. Gubernur kita yakni kita harus kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Tentunya sesuai dengan tupoksi yakni terus memberikan layanan masyarakat dalam meningkatkan literasi,” terangnya.

Apalagi, sebut Tiat, tagline Inisiasi, Kolaborasi dan Inovasi (IKI) yang pernah disampaikan Gubernur Jatim periode 2019-2024, Ibu Khofifah Indar Parawansa juga menjadi pijakan penting untuk dilakukan bagi seluruh ASN di lingkungan Disperpusip Jatim.

“Banyak yang bisa kita lakukan dengan melaksanakan inisiasi, kolaborasi maupun inovasi. Seperti kolaborasi bisa melakukannya dengan banyak pihak. Termasuk inovasi layanan kelompok rentan lewat layanan jemput bola,” jelasnya.

Mantan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jatim itu pun mengajak seluruh ASN di lingkungan yang dipimpinnya untuk bisa merencanakan berbagai program kegiatan. Utamanya dalam mendukung kegiatan unggulan kedinasan.

“Seperti perencanaan master plan. Termasuk anggarannya. Termasuk juga soal pengusulan The Asia/Pacific Regional Committee for the Memory of the World Program (MoWCAP) arsip penelitian P3GI (Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia) dan lain-lainnya juga,” ungkapnya.

“Semoga bisa ditingkatkan soal anggaran dan perencanaannya, tapi juga kegiatan sehari-hari nya. Untuk itu monggo bersama-sama kita bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat agar literasi semakin meningkat di Jawa Timur,” imbuh Tiat.

Hadir di acara tersebut tampak para pustakawan dan arsiparis di lingkungan Disperpusip Jatim, Pengurus IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) Jatim, komunitas “Mata Hati”, komunitas Ojek Online (Ojol) Wanita Mandiri, komunitas Kumpul Dongeng dan Duta Baca Jatim. Selain bersalam salaman, mereka sebelumnya juga berkesempatan mendengarkan tausiyah yang disampaikan Pustakawan Utama (Pustama) Sukaryo, SH, MM. (*)

Leave a Comment