SMAS Ar Rohmah Putri Malang Raih Juara Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional

Jakarta (15/09/2023). SMAS Ar Rohmah Putri Islamic Boarding School menorehkan prestasi mewakili Jawa Timur dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023, Perpustakaan “Baitul Hikmah” SMAS Ar Rohmah Putri Islamic Boarding School ini berhasil mendapatkan Juara III Klaster II. Ada 5 sekolah yang lolos pada Klaster II dalam acara Grand Final yang digelar di Hotel Royal Kuningan Jakarta tersebut. Yaitu SMAN 3 Jakarta, MAN Insan Cendekia Serpong, Banten, SMA Ar Rohmah Putri Malang, SMAN 1 Aji Barang Jawa Tengah dan MAN 2 Yogyakarta.

Dalam kompetisi tingkat nasional tersebut masing-masing sekolah mempresentasikan manajemen perpustakaan sekolahnya di depan dewan juri. Dan hasilnya, SMAS Ar Rohmah Putri Malang berhasil meraih Juara 3. Untuk Juara 1 diraih SMAN 3 Jakarta dan Juara 2 MAN Insan Cendekia Serpong, Banten. Acara Grand Final Lomba Perpustakaan Sekolah ini juga bersamaan dengan Lomba Best Practice Perguruan Tinggi.

Sementara itu Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Nurcahyono mengatakan, perlombaan ini sebagai upaya mewujudkan profil perpustakaan sekolah/madrasah Rujukan Tingkat Nasional yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perubahan serta mampu bertranformasi secara utuh dalam mendukung program pembelajaran yang membentuk profil pelajar Pancasila dan kewirausahaan.

Dan untuk, terang dia, perpustakaan SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi diharapkan mampu bertransformasi secara utuh menjadi perpustakaan berbasis teknologi tepat guna dalam rangka menunjang pelaksanaan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di perguruan tinggi. “Karena nantinya juara dari Lomba Perpustakaan Sekolah dan Lomba Best Practice ini akan menjadi perpustakaan rujukan nasional.

Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat memperluas wawasan mengenai literasi dan dapat memotivasi peserta mengenai pentingnya berliterasi. Selain itu sebagai upaya untuk membangkitkan semangat belajar, berkompetisi menumbuhkan kemandirian dan semangat berinovasi dikalangan peserta didik. (*nad)