MPK Menggandeng Kirana Kejora, SMPK Santo Yusuf Heboh

Surabaya-disperpusip. Siapa sih yang tidak kenal dengan Kirana Kejora? Seorang writerpreneur yang karya-karyanya tidak diragukan lagi dan beberapa sudah diangkat menjadi karya film, sebut saja yang berjudul Air Mata Terakhir Bunda dan Ayah Menyayangi Tanpa Akhir. Konon judul bukunya yang berjudul Yourick akan diangkat sebagai karya film juga.

Prestasi Kirana yang seperti itulah yang menginspirasi  Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menggandeng dan berkolaborasi untuk melaksanakan bimbingan literasi ke sekolah-sekolah. Bimbingan literasi  pertama dilaksanakan di SMPK Santo Yusup, Wisma Tropodo Waru Sidoarjo pada hari Selasa, 13 Desember 2022.

 Siswa berjumlah sekitar 400 orang yang terdiri dari kelas delapan hingga kelas sembilan berkumpul bersama di halaman sekolah dan mendengarkan motivasi menulis yang disampaikan oleh sang narasumber, Kirana Kejora dengan antusias. Bagi Kirana setiap anak itu bisa menulis, tinggal memperindah dengan diksi. Diksi bisa diperkaya dengan membaca. Jadi menulis dan membaca adalah dua hal yang sangat berkaitan. Meski mereka masih beranjak remaja, namun pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam diskusi ini bukan hanya pada hal-hal yang teknis saja tetapi juga pertanyaan yang idealis. Petanyaan-pertanyaan yang terlontar dari anak-anak tersebut mendapat apresiasi dengan mendapatkan buku-buku karya Kirana sekaligus mendapatkan tanda tangannya. Walaupun masih banyak peserta yang ingin bertanya tetapi sayang karena durasi waktu acara bimbingan literasi harus diakhiri. Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) yang telah siaga menjadi tujuan selanjutnya untuk menikmati buku-buku yang dilayankan. Kehadiran MPK Disperpusip Jatim ini menjadi yang  pertama kalinya datang ke sekolah mereka. Cukup menambah referensi bacaan selain yang dibaca dari perpustakaan sekolah. Harapan ke depannya bisa bekerja sama lagi dan akan berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur untuk library tour.     

Jadi, kapan nih  MPK  diundang ke sekolah kalian?  Kami tunggu…(ima)

Leave a Comment