Seminar Nasional Melawan Hoax dengan Kualitas Membaca

Ju’mat, 31 Maret 2017 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Jawa TImur menyelenggarakan Seminar Nasional dengan judul “Melawan Hoax dengan Kualitas Membaca” di Aula Graha Pustaka  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Jl. Menur Pumpungan 32 Surabaya. Seminar ini diisi narasumber oleh Dr. Dra Rahma Sugihartati, M.Si (Ketua Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Arilangga Surabaya) dan Dr. Yuyung Abdi, S.Si., M.MedKom (Wartawan Senior Harian Jawa Pos) dengan diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari pustakawan, penggiat literasi, guru, dan masyarakat umum.

Dr. Dra Rahma Sugihartati, M.Si menjelaskan bahwa hoax merupakan suatu hal yang sangat bahaya bagi kehidupan masyarakat sekarang ini dan akan menimbulkan preseden buruk bagi generasi penerus di kemudian hari. untuk itu masyarakat perlu melawan dengan literasi kritis terhadap apa yang dibacanya. Selain itu untuk menyehatkan cara pandang masyarakat agar tidak terkena hoax perlu juga memperhatikan kualitas bahan bacaan serta kuantitas perlu ditingkatkan agar perspektif masyarakat lebih luas lagi dan tidak mudah tertipu.

Senada dengan Dr. Dra Rahma Sugihartati, M.Si, mengungkapkan cara menganalisis keaslian berita atau informasi dan bagaimaan proses hoax diciptakan. Hoax sudah sangat menghawatirkan keberadaanya, dari masyarakat umum hingga kaum intelektual sangat mudah percaya hoax. Implikasi dari hoax merusak tatan sosial masyarakat yang majemuk khususnya di Indonesia. Hoax sudah dijadikan alat untuk mengeruk keuntungan baik materiil mapun non material bagi oknum pembuat berita palsu. Akhirnya  pserta diajak untuk stop menyebarkan hoax atau informasi yang tidak jelas sumber dan keaslianya serta agar menjadi masyarakat yang berliterasi dimulai dari diri kita sendiri. (wahyu)

Leave a Comment