Kunjungan Mahasiswa Universitas Diponegoro

Surabaya, Jum’at  06 Maret 2015 Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mendapat kunjungan dari teman-teman mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang . Hadir pada acara tersebut Bapak Kepala Badan Drs Sudjono,MM, beserta Sekretaris dan Kepala Bidang  di Lingkungan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut teman-teman mahasiswa dari Universitas Diponegoro ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengelolaan dan penyelenggaraan  perpustakaan dan kearsipan di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pemaparan pertama disampaikan oleh Bapak Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur tentang berbagai kebijakan-kebijakan didalam penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan di Jawa Timur, hal tersebut diperjelas juga oleh Bapak Drs. Hasto Hendarto, MM Sekretaris Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur tentang pembangunan dan penyediaan sarana dan prasarana didalam penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan dalam rangka melayani masyarakat Jawa Timur.

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pemasyarakatan Kearsipan Bapak Drs.Tidor Arif.T Djati,MM  sebagaimana yang telah tercantum dalam UU Nomor 43 Tahun 2009  pasal 39 dimana “Lembaga kearsipan menggiatkan sosialisasi kearsipan dalam rangka mewujudkan masyarakat sadar arsip”,salah satu kerjasama yang telah dilakukan adalah dengan teman-teman mahasiswa dari Universitas Airlangga Surabaya dengan terbentuknya komunitas masyarakat sadar arsip dimana komunitas ini juga memasukkan materi sosialisasi kearsipan kedalam program kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya, sosialisasi yang dilakukan adalah penyelamatan dan pengamanan arsip vital perorangan dengan memperkenalkan pemanfaatkan teknolgi penyimpanan arsip melalui media informasi dan teknolgi dropbox ataupun google drive dan mengalih mediakan arsip vital kemudian dilakukan pemencaran penyimpanan arsip vitalnya.

Pemaparan Selanjutnya disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Statis Bapak Drs. Gatot T,MM tentang penyelamatan arsip-arsip yang bernilai guna melalui program akuisisi arsip, pengolahan, preservasi, pemanfaatan dan pendayagunaan arsip untuk pelayanan publik.

Pemaparan selanjutnya disampaiakan oleh Kepala Bidang Publikasi,Promosi Perpustakaan dan Layanan Jasa Kearsipan Ibu Dra.Titi Asriningwjati,MM, beliau menyampaikan bahwa satu-satunya Lembaga Perpustakaan dan Kearsipan yang ada di Indonesia yang memiliki program mobil dongeng dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat sejak dini adalah Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Sebagai penutup acara kunjungan dari mahasiswa Universitas Diponegoro ini dilakukan tukar menukar cinderamata yang dilakukan oleh Bapak Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan Dosen Pendamping Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. (FTR-Sungram).