AAI JATIM MENGGELAR WORKSHOP MANAJERIAL KEARSIPAN BAGI PIMPINAN LEMBAGA KEARSIPAN SE INDONESIA

Dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri, kompetensi dan komitmen pimpinan lembaga kearsipan daerah dengan penyelenggaraan kearsipan sebagai implementasi UU Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, maka Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Wilayah Jawa Timur yang didukung oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menggelar Workshop Manajerial Kearsipan  bagi Pimpinan Lembaga Kearsipan se Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung di hotel Bisanta Bidakara mulai tanggal 11 s/d 13 September 2013. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Kepala oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,  Drs. A. Mudjib Affan MARS dan  diikuti oleh Kepala Lembaga Kearsipan di se Indonesia.

Dalam workshop tersebut menyajikan materi yang sangat menarik dan pembicara handal, diantaranya 1). Tugas dan Fungsi Lembaga Kearsipan dalam Konteks Reformasi Birokrasi yang disampaikan oleh Dr. Andi Kasman Deputi Pembinaan Kearsipan ANRI dan juga sebagai Ketua AAI Pusat. Materi berikutnya adalah Strategi dan Program Pengembangan Kearsipan Daerah yang disampaikan oleh Rudi Anton SH, MH. Dari ANRI.  berikutnya dilanjutkan oleh Dr. Herlambang Perdana lulusan hukum salah satu universitas di negeri kincir angin Belanda yang kini menjadi dosen UNAIR dengan materi Era Keterbukaan Mengubah Tantangan Menjadi Peluang bagi Pemerintah Daerah.

Selanjunya pembicara yang tidak asing lagi pakar komunikasi Drs. Sukowidodo MA, Dosen UNAIR Memanfaatkan Media dan Strategi Komunikasi Dalam Membangun Lembaga Kearsipan Daerah. disambung lagi oleh Prof. Yusuf Irianto MA dengan materi mengubah Mindset Kultureset Penyelenggaraan kearsipan di Daerah dan Tata Kelola Arsip. berduet panel di atas mimbar dengan Joko Utomo MA mantan Kepala ANRI dengan materi Tata Kelola Arsip dan Penyelamatan Aset Pemerintah Daerah

dan sebagai gong acara dan juga ditunggu-tunggu para peserta adalah psikolog dan Motifator dari Universitas Negeri Malang  Dra. Umidayati, MPd. “Mari semua yang yang ada kita tekuni, kita jalani dengan sepenuh hati bahwa pekerjaan yang kita lakukan yakin bisa bermanfaat bagi semua orang” ujarnya meyakinkan. (Fath)