Dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur SDM khususnya tenaga fungsional Pustakawan dan Arsiparis beserta calon Pustakawan /Arsiparis yang dimiliki, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan rutin setiap tahun yaitu pertemuan antar fungsional  Pustakawan dan Arsiparis se Jawa Timur yang diberi  nama TEMU KARYA FUNGSIONAL TAHUN 2013. Penyelenggaraan Temu Karya Fungsional tahun 2013 ini diselenggarakan di Kabupaten Probolinggo, tanggal 3 – 4 Mei 2013 bekerjasama antara Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan PT  Songa Alam Lestari atau SONGAdventure, sebuah Perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan dan wisata alam yang kemas menarik dalam outbound yang bersifat pendidikan, pelatihan, motivasi dan pengembangan sumber daya manusia yang sekaligus cinta terhadap kelestarian lingkungan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, diikuti seluruh pejabat struktural,  fungsional maupun calon-calon pemangku jabatan fungsional pustakawan ataupun Arsiparis  berjumlah sekitar 170 orang peserta. Kegiatan yang dilakukan membangun teamwork yang solid, komunikasi yang baik dan benar, leadership dan problem solving serta keesokan harinya melakukan rafting menyusuri Sungai Pekalen Atas kurang lebih sepanjang 12 Km. Dalam kegiatan pengembangan sumber daya manusia yang bermetodologi outbound dengan permainan/games yang menarik memunculkan banyak pengalaman dan cerita lucu, juga muncul team berbaik dan team yang minim point.

                Temu Karya Fungsional  tahun 2013 dilaksanakan bertujuan untuk lebih menciptakan suasana segar dikalangan karyawan/pejabat fungsional yang ada dan disisi lain untuk peningkatan sumberdaya manusia. Secara khusus kegiatan ini diarahkan untuk mampu antara lain :

  • Menciptakan suasana menyenangkan sekaligus memberikan pembelajaran  mengenai sikap mental dan semangat team
  • Mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan serta menumbuhkan sikap kerjasama baik dalam team maupun antar team
  • Merangsang kembali semangat berkompetisi positif
  • Menciptakan komunikasi yang efektif antar bawahan-atasan serta sesame rekan kerja

 >>>(purwati-asep)<<<