KEIKUT SERTAAN DALM PENINGKATAN LAYANAN PUBLIK

                                              LAPORAN RAPAT PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DIHOTEL SOLARIS                                                                       TANGGAL 18-20 MEI  2014 KABUPATEN MALANG

 

I. LATAR BELAKANG

Pendayagunaan aparatur negara merupa- kan upaya sistematis dan berkelanjutan untuk memperbaiki dan menyempurnakan berbagai dimensi aparatur negara meliputi bagaimana dimensi organisasi / kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM, pengawasan dan pelayanan publik dalam mendukung penyelenggaraan

pemerintahan dan pembangunan yang efektif dan efisien.

Sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik maka penyelenggaraan pemerintahan harus diarahkan menuju tatalaksana pelayanan yang transparan dan akuntabel. Transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan akan tercermin

dalam kemampuan aparatur pemerintah untuk memberikan jaminan kepastian pelayanan, baik pelayanan internal maupun pelayanan eksternal.

Atas dasar hal tersebut,  Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Jawa Timur.

 

II.   DASAR HUKUM

   Dasar Hukum Penyelenggaraan

1) Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah ;

2) Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ;

3) Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat;

4) Permenpan & RB Nomor 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik ;

5) Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pelayanan Publik;

6) Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 31 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda 8 Tahun 2011;

7) Surat Edaran MenPAN & RB No 15 Tahun 2014 tentang kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga Pemerintah Daerah

 

III.  Maksud dan Tujuan

Maksud diselenggarakannya Rapat Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Jawa Timur adalah untuk menginformasikan dan menyosialisasikan kebijakan Gubernur yang berkaitan dengan penyempurnaan prosedur ketatalaksanaan dalam bidang pelayanan publik.

 

IV.  Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

Rapat Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Jawa Timur dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 18 s/d 20 Mei 2014 bertempat di Hotel Solaris Hotel Malang, Jl. Raya Karanglo No. 69 Singosari

 

V.  Peserta

Rapat Evaluasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Jawa Timur diikuti oleh Pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi serta Pejabat yang membidangi tatalaksana di lingkungan Pemerintah Kabupaten / Kota se Jawa Timur, dengan jumlah peserta sebanyak + 105  orang peserta.  

 

VI. Narasumber

Bertindak sebagai narasumber dalam Rapat ini adalah pejabat  dari Kemenpan & RB, Universitas Brawijaya Malang serta pejabat dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

 

VII.       Pembiayaan

Biaya penyelenggaraan Rapat Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Jawa Timur dibebankan pada APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2014.

 

             Demikian hal-hal yang dapat kami laporkan

 

Surabaya, 2 Mei 2014

                                                                                                      

  Yang membuat laporan,

 

 

 

                                      

                                                                                           AGUS TARNO,S.Pd.,MM                                                                 NIP:19610603 198303 1 015