FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) URUSAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN TAHUN 2024

FLYER KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

URUSAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN TAHUN 2024

(Surabaya, 05/03/2024) Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan di berbagai aspek kehidupan. Masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan akses dan berbagai macam informasi. Perubahan yang begitu cepat tersebut sudah pasti disertai dengan aturan atau pedoman yang mendasarinya agar perubahan tersebut berdampak positif dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Peraturan dalam perencanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang diperlakukan bagi Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota harus dipahami dan ditindaklanjuti sebagai dasar dalam melakukan suatu kegiatan. Kesepahaman dan kesamaan program, kegiatan, dan sub kegiatan akan memudahkan kita dalam melakukan koordinasi dan Kerjasama, baik dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.15.5-1317 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 050-5889 Tahun 2021 tentang Hasil verifikasi, Validasi, dan Inventarisasi Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah ada beberapa perubahan yang harus disinergikan antara Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Focus Group Discussion (FGD) Urusan Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2024 yang akan dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur ini merupakan agenda rutin/tahunan sebagai ajang pertemuan antara pemerintah pusat dalam hal ini Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Arsip Nasional Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri, dengan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Disamping itu untuk melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi program, kegiatan, dan sub kegiatan agar perencanaan pembangunan dapat berjalan dengan selaras antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Focus Group Discussion merupakan media untuk saling bersinergi dan berkoordinasi dalam mewujudkan tujuan bersama memberikan pelayanan publik yang lebih maksimal kepada masyarakat. Bila dalam melaksanakan pemerintahan urusan perpustakaan dan kearsipan ada permasalahan bisa terpecahkan dengan baik, mampu berinovasi dan saling memberikan dorongan dan dukungan antar lembaga Perpustakaan dan Kearsipan di Jawa Timur. Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur akan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Urusan Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2024 dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Timur pada hari Kamis-Jumat, tanggal 7-8 Maret 2024 bertempat di BPSDM Jawa Timur Kota Malang. Maksud diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) adalah: 1). Menyamakan persepsi dan pemahaman tentang program, kegiatan, sub kegiatan urusan perpustakaan dan kearsipan, sesuai dengan Permendagri Nomor 900.1.15.5-1317 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 050-5889 Tahun 2021; 2). Membangun sinergitas perencanaan pembangunan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota; serta 3). Membangun komitmen dalam penghimpunan data urusan perpustakaan dan urusan kearsipan.

Sedangkan tujuannya adalah: Meningkatkan mutu pelayanan publik di Jawa Timur; Peningkatan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan; Meningkatkan hasil capaian Indikator Kinerja Daerah (IKD) dan Indikator Kinerja Utama (IKU) baik Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat TGM), Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Jawa Timur (IPLM), maupun Meningkatkan Indeks Penyelenggaraan Kearsipan di Jawa Timur dan Presentase Perangkat Daerah yang Tertib Arsip.

Narasumber FGD terdiri dari oleh Dr. Edgar Rangkasa (Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia), Dr. Joko Santoso, M.Hum. (Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas Republik Indonesia), Rosnarjo, S.IP., M.AP. (Perencana Ahli Muda Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat ANRI), dan Rio Patria, S.T. (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur). Focus Group Discussion (FGD) Urusan Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2024 mengundang peserta sebanyak 125 (seratus dua puluh lima) orang, yang terdiri dari (undangan terlampir):

  1. Pimpinan Lembaga Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur;
  2. Pejabat/fungsional Perencana Bappeda Kabupaten/Kota se-Jawa Timur;
  3. Pejabat struktural/fungsional di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

*AL

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) URUSAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN TAHUN 2024