Pelatihan Program TPBIS Berkelanjutan Disperpusip Provinsi Jawa Timur

Surabaya.(06/11/2023). Kegiatan berkelanjutan dari program TPBIS Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur tentang hidroponik, akuaponik dan air tawar. Dan pelatihan kali ini membahas tentang mengapa kita perlu berhidroponik, dikarenakan lahan semakin sempit, banyaknya alih fungsi lahan, pertumbuhan penduduk sangat pesat. Dengan mendatangkan langsung narasumber dari owner Mister Sayur dan Hidropump Surabaya mas Abil dkk. Beliau menjelaskan macam-macam sistem dalam hidroponik yaitu sistem wick, sistem rakit apung, sistem NFT, sistem DFT, sistem Drip, sistem Dutch, dan sistem aeroponik.
Hal yang harus diperhatikan dalam berhidroponik adalah kualitas air, kualitas benih, bahan yang dipakai, sistem yang digunakan, jenis tanaman, kondisi lingkungan iklim. Jenis tanaman yang termasuk dalam budidaya hidroponik yaitu sayuran daun, umbi-umbian dan tanaman buah. Kelebihan dari hidroponik antara lain mudah dan menyenangkan, hemat air dan pupuk, dapat menghilangkan stress, hemat lahan, dapat diaplikasikan semua kalangan. Dan kekurangan hidroponik untuk skala bisnis investasi cukup besar, bergantung pada listrik, pasar yang tidak stabil.

Dengan diadakannya program pelatihan TPBIS ini diharapkan para peserta mampu menerapkan teknik bercocok tanam dengan cara hidroponik dalam lingkungan rumah tangga. Teknik penanaman hidroponik merupakan teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan. Sayuran yang ditanam dengan hidroponik lebih sehat serta aman dikonsumsi. Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan tanaman hidroponik. Namun sebenarnya sudah banyak orang yang menggunakan metode penanaman tanaman yang satu ini.
(*nad)