KEGIATAN PENINGKATAN WAWASAN DAN KOMPETENSI SDM KEARSIPAN

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualiatas dan pemahaman terhadap SDM kearsipan di lingkungan SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka SDM kearsipan perlu dibekali pengetahuan dan ketrampilan dibidang kearsipan. SDM kearsipan dimaksud adalah para petugas pengelola arsip yang kesehariannya bertugas melakukan pengelolaan arsip di instansinya masing-masing. Maka dari itu Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Wawasan dan Kompetensi SDM Kearsipan di bidang kearsipan dengan mengajak perwakilan dari SKPD Provinsi Jawa Timur (yang sudah mengikuti Lomba Tertib Arsip di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013) untuk mengunjungi ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA (ANRI) dan BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (BPAD) Provinsi DKI JAKARTA yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d. 18 Juni 2014. Rombongan dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang di ketuai oleh Sekretaris Badan Bp. Drs. HASTO HENDARTO, MM diterima dengan baik oleh Direktur Kearsipan Daerah ANRI Jakarta Bp. WIDARNO, SH dan beberapa staf. Kunjungan hari ke 2 ke BPAD Provinsi DKI Jakarta yang juga diterima sangat baik oleh Bp. Sekretaris Badan BPAD Provinsi DKI Jakarta beserta para Pejabat Struktural dan Fungsional Arsiparisnya.

Di Arsip Nasional Republik Indonesia Jakarta kami dapat melihat secara langsung mulai proses penerimaan, perawatan sampai dengan penyimpanan serta pelestarian semua jenis arsip pada masing-masing gedung yang berbeda. Lain lagi halnya pada kunjungan hari kedua di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta kami diarahkan diruang pertemuan lantai 8, di lantai tersebut ada satu ruang yang khusus untuk penyimpanan arsip bagi instansi/lembaga swasta lain dan ruangan tersebut adalah ruang tahan api yang diperuntukkan bagi penyimpanan arsip lembaga swasta atau perorangan. Ruang tersebut mulai dari pintu besi yang sangat tebal dan rak-rak otomatis juga terbuat dari besi yang pengamanannya terhubung langsung dengan komputerisasi yang sangat bagus sekali.

            Dengan kunjungan seperti ini maka dapat diharapkan suatu peningkatan pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan di bidang kearsipan sehingga dapat memberikan semangat dan motivasi bagi SDM kearsipan dalam menjalankan tugas-tugas di bidang kearsipan secara lebih optimal dan dapat mengembangkan kemampuan kinerja di instansinya masing-masing.