Kunjungan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah- Muhammadiyah Bangil

Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Observasi lapangan maksudnya pengamatan langsung di lapangan, dalam hal ini yang diamati adalah Perpustakaan. Observasi lapangan termasuk salah satu kegiatan pembelajaran dalam program Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ,STIIT Muhammadiyah Bangil.

 Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada mahasiswa dan dosen dalam penyelenggaraan Perpustakaan dengan cara mengunjungi Perpustakaan  yang dianggap memenuhi syarat sebagai Perpustakaan yang baik dalam menyelenggarakan Perpustakaan.

 Melalui observasi lapangan, peserta dapat mengetahui langsung penyediaan koleksi yang dibutuhkan masyarakat, bagaimana memahami pelanggan (Customer) sesuai teori etika pembelajaran, sehingga dapat menambah wawasan pemahaman mahasiswa secara langsung tentang berbagai aspek penyelenggaraan Perpustakaan.

Observasi lapangan dilaksanakan agar dapat mengetahui kesenjangan antara penyediaan koleksi di tingkat provinsi dan kabupaten Pasuruan, serta memperoleh gambaran yang nyata dan lengkap tentang penyelenggaraan Perpustakaan. Tanpa pemahaman tentang penyelenggaraan Perpustakaan secara nyata mahasiswa dan dosen mungkin akan mengalami kesulitan dalam mencari koleksi yang diinginkan secara cepat.

Melalui observasi lapangan secara langsung yang dipandu oleh pembimbing/dosen dan pembimbing dari tempat kunjungan, peserta diharapkan memiliki bekal yang cukup untuk dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan, mengantisipasi permasalahan yang akan ditemui, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

II

KEGIATAN KUNJUNGAN

 

  1. Peserta

Peserta kunjungan/observasi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bangil berjumlah 25 orang yang terdiri dari :

1)     20 mahasiswa ;

2)      3 Tenaga administrasi dan;

3)      2 dosen.

 

2. Kerjasama

 

Setelah melihat kenyataan dilapangan maka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bangil berkeinginan melakukan kerjasama dalam bentuk, pelatihan, dan pemanfaatan koleksi yang disediakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur

 

 

III

SIMPULAN

 

Pada prinsipnya peserta kunjungan senang dan akan kembali berkunjung, serta akan membantu menyampaikan informasi kepada mahasiswa yang lain, serta Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Jatim untuk melihat dengan dekat Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur;

 

IV

PENUTUP

 

Kunjungan pertama yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah pihak Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur selaku Pembina perpustakaan Jawa Timur, menyampaikan tentang syarat menjadi anggota perpustakaan,kerjasama layanan, dan tata cara mencari koleksi artikel yang dimuat dalam jurnal, serta penyimpanan koleksi Koran dan majalah sebagai koleksi yang bertambah setiap hari dan minggu, pelestarian bahan pustaka.