RAPAT KOORDINASI PENYELAMATAN ARSIP

“Dari semua aset negara, arsip adalah aset yang paling berharga. Ia merupakan warisan nasional dari generasi ke generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya.” (Sir Arthur Doughty, 1924). Itulah sederet kata-kata mutiara yang menggambarkan betapa pentingnya arsip dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada Rabu, 23 April 2014, bertempat di The Empire Palace Hotel,  dalam rangka menyalamatkan arsip sebagai bahan bukti pertanggungjawaban untuk generasi yang akan, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Bidang Penyelamatan Arsip Statis menyelenggrakan Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip “LIMA TAHUN PEMERINTAHAN KARSA 2009-2014” dengan tema “Ketersediaan Arsip Pemerintah Daerah secara utuh dan lengkap adalah Bukti Pemerintahan yang Berbudaya, Tertib dan Berperadaban Maju”.

Rakor dibuka oleh Dr. H. Ahmad Sukardi, MM (Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur), dengan Narasumber  oleh AZMI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Adapun peserta RAkor ini adalah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebanyak 60 (enam puluh) instansi.

Dengan diselenggarakan acara Rakor ini diharapkan akan memperoleh pemahaman dan persepsi yang sama terhadap pengelolaan arsip pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur,  khususnya periode 2009 – 2014. Dengan demikian akan menumbuhkan kesadaran arti pentingnya arsip sebagai ujung tombak pengambilan keputusan, bahan utama dalam proses administrasi organisasi, bahan pertanggungjawaban nasional dan sumber informasi bagi masyarakat dan penelitian serta menyatukan persepsi untuk melakukan penyelamatan arsip instansi dalam rangka  menyerahkan arsip-arsip statisnya dalam berbagai bentuk dan corak kepada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Diharapkan forum ini sebagai momentum kerjasama kearsipan antar lembaga pencipta arsip dengan lembaga kearsipan dalam rangka tertib arsip dan tertib administrasi menuju sehat organisasi. sda.st.