Kunjungan Asisten Administrasi dan Umum ke Depo Arsip Jl. Jagir Wonomkromo

Jum’at, 05 April 2013, Pukul 11.00 wib. Assisten Administrasi dan Umum Bp. A. Sukardi melaksanakan inspeksi mendadak ke Badan Perpustakaan Provinsi Jawa Timur Jl. Jagir Wonokromo 350 Surabaya.

Dalam inspeksi tersebut mengunjungi bidang-bidang yang ada di Jl. Jagirwonokromo dan terakhir ke Bidang Penyelamatan Arsip Statis. Kebetulan pada saat itu di Bidang Statis baru melaksanakan kegiatan restorasi (preservasi) arsip peta-peta kuno. Beliau menyatakan “pernah menyaksikan proses kegiatan seperti itu di ANRI Jakarta” dia terkesan ternyata Jawa Timur sudah bisa melakukan kegiatan preservasi dimaksud. Selanjutnya beliau setuju dan mendukung apa saja kebutuhan untuk kegiatan restorasi dan kegiatan kearsipan di jawa timur.

Beliau juga menanyakan apa saja arsip-arsip yang tersimpan di Depo Arsip Statis? Dijelaskan yang tersimpan dalam depo arsip statis adalah arsip-arsip SKPD, BUMN, Swasta, Ormasospol dan perorangan yang mempunyai nilai tinggi. Contohnya DPRD menyerahkan arsip risalah sidang, Dinas Pengairan arsip gambar teknik pengairan, dan sebagainya. Beliau mengatakan “kalau gitu arsip-arsip SKPD harus disimpan dan ditata disini (depo arsip red.) agar mudah ditata dan dicari”

 Sebelum meninggalkan bidang statis, beliau sempat berucap arsip itu bukan tempat buangan/diarsipkan untuk itu harus didukung. (sda.st)