PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DI DOMINASI MASYARAKAT UMUM

Pengunjung perpustakaan adalah sasaran utama penyelenggara perpustakaan. Oleh sebab itu kehadiran masyarakat  menjadi salah satu kunci keberhasilan perpustakaan.

Pengunjung perpustakaan adalah sasaran utama penyelenggara perpustakaan. Oleh sebab itu kehadiran masyarakat  menjadi salah satu kunci keberhasilan perpustakaan.untuk menjadikan mereka sebagai “ segmen pasar “ layanan perpustakaan secara khusus merupakan tanggung jawab bagian layanan dan secara umum tanggung jawab Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, walaupun hal tersebut tidaklah mudah. Berdasarkan analisis masyarakat mau berkunjung ke perpustakaan jika mereka (1) tahu arti dan manfaatnya (2) mereka membutuhkan sesuatu di perpustakaan (3) tertarik dengan perpustakaan (4) merasa senang dengan perpustakaan (5) dilayani dengan baik. Untuk sampai kepada kondisi seperti itu, perpustakaan harus melakukan upaya seperti pemasyarakatan,publikasi dan pendekatan serta melayani keinginan dan kebutuhan pelanggan tapi sesuai dengan tujuan perpustakaan itu sendiri. Untuk tahun 2012 pengunjung dewasa  sebanyak 409.187 orang, pengunjung anak-anak 50.355 orang, pengunjung referensi/rujukan sebanyak 24.387 orang, pengunjung internet 49.309 orang.Dan yang membanggakan pengunjung terbanyak adalah masyarakat umum sebanyak 107.603 orang  (yns)