KUNJUNGAN SMP NEGERI 41 SURABAYA DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR

Perpustakaan sebagai tempat belajar selain di kelas/ sekolah

Pada hari Selasa  tanggal 17 April 2012 siswa SMP Negeri 41 Surabaya mengadakan kunjungan ke Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Siswa yang berjumlah 20 siswa ini dengan ditemani empat orang guru pembimbingnya berkeinginan untuk belajar tentang resensi buku di perpustakaan.

Pukul 9 pagi rombongan sudah sampai di perpustakaan dan dengan tertib masuk ke perpustakaan anak. Rombongan  disambut langsung oleh Kepala Sub Bidang Layanan dan Informasi, Bapak Yunus, S.Pd dengan didampingi Pustakawan senior Bapak Koeswarno. Dan materi tentang resensi disajikan langsung oleh Pak Yunus. Para siswa memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan yang ditampilkan dengan slide. Bahkan pada sesi tanya jawab, tidak sedikit siswa yang didominasi perempuan ini bertanya, di antaranya bagaimana bisa menulis bagus, bagaimana menulis sesuai dengan usia, dan bagaimana supaya tulisan bisa diterima dan diterbitkan oleh media. Dengan antusias mereka mendengarkan apa yang dijabarkan oleh Pak Yunus atas pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan.

            Pukul 12 tepat materi resensi selesai dan dilanjutkan berkunjung ke ruang  layanan dewasa, internet, wifi dan ruang referensi. Mereka antusias untuk tahu bagaimana cara peminjaman koleksi atau memanfaatkan fasilitas yang ada di masing – masing ruang. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang mendaftar untuk menjadi anggota perpustakaan. Persyaratan terpenuhi, foto, klik langsung jadi anggota dan sudah bisa meminjam buku untuk dibawa pulang.

            Selesai acara mereka berpamitan untuk kembali ke sekolahnya.