PERPUSTAKAAN TARGETKAN 1000 TITIK LAYANAN BARU

Badan Perpustakaan dan Karsipan Provinsi Jawa Timur melakukan layanan ekstensi perpustakaan dengan menggunakan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) di 117 titik layanan. Dari jumlah tersebut, pada 45 titik, layanan diberikan dalam bentuk bulk loan system atau layanan paket, sedangkan pada 72 lokasi lain, diselenggarakan layanan langsung. Dalam sistem layanan paket, masing-masing perpustakaan dipinjamkan sekitar 50 sampai dengan 200 judul bahan pustaka untuk jangka waktu peminjaman 2 (dua) bulan.

Setelah selesai masa peminjaman, paket bahan pustaka tersebut ditarik untuk digantikan dengan paket bahan pustaka yang baru, sedangkan  dalam layanan langsung, para pustakawan memberikan layanan perpustakaan langsung dengan menggunakan mobil keliling. Tahun 2012 ini layanan tidak hanya diselenggarakan di Surabaya tetapi di beberapa wilayah kabupaten/kota yaitu Sidoarjo, Pasuruan, Bangkalan, Gresik, dan Mojokerto. Layanan ekstensi perpustakaan merupakan strategi untuk mendorong terbangunnya masyarakat gemar membaca. Kepala Badan, Drs. A. Mudjib Afan, MARS mengatakan bahwa ditahun mendatang, diusahakan agar layanan ini dapat menjangkau hingga 1000 titik layanan. Data Layanan ekstensi tahun 2012 adalah sebagai berikut :

 

NO

KABUPATEN / KOTA

JUMLAH

TITIK LAYANAN

1

2

3

4

5

6

7

8

Sidoarjo I

Sidoarjo II

Pasuruan

Bangkalan

Gresik

Mojokerto

Surabaya

MPK

8

7

6

6

5

5

18

62

             Para pustakawan yang menyelenggarakan kegiatan layanan ekstensi menyampaikan kepuasannya dalam menjalankan pekerjaan. Entusiasme masyarakat dalam menyambut kedatangan mobil perpustakaan keliling dan menerima pinjaman koleksi membuat mereka kian bersemangat. Bagi para pustakawan, sikap positif masyarakat merupakan bentuk apresiasi terhadap pekerjaannya membuat mereka merasa tidak sia-sia dan dihargai.