Perkenalkan Perpustakaan melalui Layanan TULIP “Tur Perpustakaan Keliling”

Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan, mengolah serta mencari informasi baik dalam  bentuk cetak (buku, jurnal, referensi, dan lain – lain) maupun  non cetak atau elektronik (e-book, e-journal, dan lain – lain). Perpustakaan memiliki sebuah sistem yang mengatur pengelolaan bahan pustaka/ informasi mulai dari pengadaan, pengolahan hingga pelayanan dan penyajian kepada pemustaka. Menurut UU No 43 Tahun 2007 perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Pada hakikatnya, terdapat 5 jenis perpustakaan diantaranya perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan nasional. Perpustakaan umum memiliki informasi terkait kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat umum untuk berbagai usia dari anak – anak hingga lansia. Perpustakaan umum, memiliki kewajiban untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Layanan perpustakaan merupakan suatu kegiatan utama sebagai alat ukur keberhasilan suatu perpustakaan. Pelayanan tersebut bersifat universal, artinya berlaku secara umum atau terhadap siapa saja yang menginginkannya. Layanan prima yaitu layanan yang dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka dan sebagai tempat rekreasi bagi pemustaka dimana pemustaka senang ketika berkunjung ke perpustakaan. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur memiliki layanan untuk menerima kunjungan dari sekolah – sekolah sebagai bentuk promosi dan pengenalan perpustakaan kepada anak – anak. Layanan terebut dikenal dengan TULIP (Tur Keliling Perpustakaan). Pada 18 Januari 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan dari TK Dharma Wanita Setda Kota Surabaya. Dengan adanya layanan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan anak terhadap perpustakaan dan meningkatkan minat kunjung anak ke perpustakaan.  

TULIP (Tur Keliling Perpustakaan) memiliki konsep kunjungan dengan  mengenalkan tata tertib di perpustakaan, kegiatan yang dapat dilakukan di perpustakaan, hingga koleksi yang dapat dibaca di perpustakaan. Selain itu, melalui kunjungan  perpustakaan diharapkan juga dapat menumbuhkan minat baca anak karena dalam kunjungan tersebut anak – anak dibebaskan untuk membaca buku sesuai dengan yang diinginkan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC Nanien Setyowati serta sambutan oleh Ni Nyoman Astiti, S.E., M.AP. Dalam acara tersebut berisi pengenalan singkat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengenai layanan, fasilitas dan program kegiatan yang dilakukan. Acara selanjutnya adalah mendongeng yang diisi oleh pustakawan Disperpusip Prov. Jatim yakni Lilis Rusmiawati dan Puji Lestari dengan judul buku “Aku Senang Antri”. Anak – anak menyimak dongeng tersebut dengan saksama. Kemudian, anak-anak diajak untuk ice breaking, membaca bersama dan bermain di Ruang Baca Anak. Acara diakhiri dengan berkeliling ke beberapa layanan yang ada di Perpustakaan Jawa Timur, seperti kolam ikan hasil inklusi sosial yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan sekaligus rekreasi untuk anak-anak, layanan drive thru dan ruang baca umum.

Leave a Comment