Pada masa sekarang, perpustakaan sekolah diharapkan juga dapat berfungsi dan bermanfaat untuk masyarakat di sekitar sekolahnya dengan menyediakan kebutuhan informasi serta menjadi tempat berkegiatan. Perpustakaan sekolah merupakan sub sistem program pendidikan sehingga akan berpengaruh terhadap program pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian perpustakaan sekolah merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari keseluruhan komponen pendidikan. Perpustakaan sekolah diharapkan berfungsi sebagai sarana yang efektif dalam meningkatkan proses belajar mengajar yang baik dan mampu memberikan warna dalam proses interaktif edukatif yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan misi dan visi yang diemban perpustakaan sekolah.
Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang berada di lingkungan sekolah, bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan bertugas melayani sivitas akademika sekolah. Perpustakaan sekolah juga perlu meningkatkan kualitas dan fasilitas layanannya dengan berinovasi mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi dan kebutuhan informasi pemustakanya.
Secara keseluruhan Provinsi Jawa Timur memiliki perpustakaan sebanyak 27.915 lembaga dari semua jenis perpustakaan. Dari data tersebut, jumlah perpustakaan sekolah menengah pertama di Jawa Timur sebanyak 3.804 lembaga, dan yang telah terakreditasi sebesar 27,28 % atau sebanyak 1.038 sekolah (data per Agustus 2024) yang artinya sebagian besar perpustakaan sekolah belum mendapatkan akreditasi, sehingga diperlukan upaya sungguh-sungguh dan kerja keras untuk menjadikan perpustakaan sekolah mempunyai standar akreditasi sesuai yang diharapkan.
Untuk mewujudkan keberhasilan layanan perpustakaan dari berbagai peran strategis dalam dunia pendidikan sekolah dan masyarakat sangat diperlukan dukungan dari pustakawan yang profesional. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur selaku pembina seluruh jenis perpustakaan di Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Workshop Akreditasi Perpustakaan Sekolah. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur akan terus melakukan pembinaan dan pengembangan pada perpustakaan sekolah, sehingga dapat mendorong dan memotivasi peningkatan kualitas pengelolaan perpustakaannya Sesuai Standar Nasional Perpustakaan yang telah ditetapkan.
Diharapkan dengan adanya kegiatan Workshop Akreditasi Perpustakaan Sekolah ini, pustakawan maupun tenaga pengelola perpustakaan sekolah akan selalu meningkatkan profesionalitas dan kompetensinya dalam pengembangan perpustakaan sekolahnya sehingga tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud. (*nad/binpus)