Profil Kantor Arsip Kabupaten Blitar
A. ALAMAT
ALAMAT INSTANSI : Jl. SUDANCO SUPRIADI 17 BLITAR
TELP/FAX : (0342) 811157 FAX (0342) 805494
EMAIL : Djo Kapusarmen @ yahoo co.id
NAMA KEPALA : Drs. DJOHAR SUTRISNO, M.Si
B. SEJARAH INSTANSI
Pada tahun 2001 berdiri Kantor Arsip Daerah dengan Peraturan Bupati Nomor 81 Tahun 2001 kemudian pada Tahun 2002 Kantor Arsip Daerah yang disingkat KAD di merger dengan Bagian Umum menjadi Kasubag Arsip Daerah dengan Peraturan Bupati Nomor 234 Tahun 2002, pada Tahun 2008 berdiri Kantor perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi dengan Peraturan Bupati Nomor 72 Tahun 2008 tanggal 31 Desember 2008.
C. STRUKTUR ORGANISASI
D. TUGAS DAN FUNGSI BIDANG KEARSIPAN
Tugas melaksanakan penyelenggaraan kearsipan dan dokumentasi yang meliputi kegiatan pengelolaan, penyimpanan, penyusutan pengendalian arsip inaktif, pengembangan aparatur kearsipan, tata kearsipan, standarisasi prasarana sarana kearsipan dan dokumentasi.
Sedangkan fungsinya adalah :
a. Penerimaan arsip inaktif dan dokumentasi dari Badan//Lembaga/Instansi Pemerintah Kabupaten Blitar.
b. Pelaksanaan pengolaan arsip inaktif dan dokumentasi dari Badan/Lembaga/Instansi Pemerintah Kabupaten Blitar.
c. Pelaksanaan pemindahan arsip inaktif dari Badan/Lembaga/Instansi Pemerintah Kabupaten Blitar.
d. Pelaksanaan penilaian dan penusnahan arsip inaktif dan dokumentasi dari Badan/Lembaga/Instansi Pemerintah Kabupaten Blitar.
e. Pelaksanaan penataan dan pengendalian arsip inaktif dan dokumentasi
f. Pelaksanaan penyimpanan dan pemeliharaan, pengamanan arsip inaktif dan dokumentasi.
g. Pelaksanaan upaya peningkatan sumber daya manusia aparatur kearsipan.
h. Penyiapan bahan pembinaan dan pengembangan aparatur kearsipan.
i. Penyusunan pola pembinaan dan pengembangan tata kearsipan.
j. Penyusunan pedoman penataan kearsipan dan dokumentasi sesuai sisten dan metode yang berlaku.
k. Pelaksanaan pengumpiulan dan pengolah data dalam rangka menyusun petunjuk teknis
l. Pelaksanaan kegiatan program rancang bangun standarisasi kearsipan .
E. PROGRAM UNGGULAN/PRIORITAS
1. Pembinaan kearsipan di seluruh SKPD
2. Pemantauan kondisi, situasi data tata kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar
3. Sudah melakukan sosialisasi 2 kali dan bimbingan tehnis 3 kali
F. JUMLAH ARSIPARIS
Tingkat Ketrampilan : 1 (satu) orang
Tingkat Keahlian : –
Petugas Kearsipan : 4 (empat) orang
G. PEDOMAN KEARSIPAN YANG DICIPTAKAN DAERAH
1. Keputusan Bupati No. 180 Tahun 2001 tentang pembentukan Tim Penilai Arsip Pemerintah Kabupaten Blitar
2. Keputusan Bupati No.181 Tahun 2001 tentang Jadwal Retensi Arsip Pemerintah Kabupaten Blitar
3. Keputusan Bupati No. 68 Tahun 2004 tentang Tata Kearsipan Pemerintah Kabupaten Blitar
H. SARANA PRASARANA PENYIMPANAN ARSIP
– Depo/ruang penyimpanan : ada, terpisah dengan gedung kantor
– Ukuran : 10 x18 cm
– Alat Penyimpanan : box, rak dan lemari
I. PELAYANAN ARSIP
– Ruang Layanan : tidak ada ruang khusus
– Pengguna Arsip : Pemerintah dan pribadi
– Rata-rata pengguna tiap hari : Tidak setiap hari
J. KHASANAH ARSIP
Arsip Inakti
No
|
Asal Arsip
|
Jumlah
|
Kurun Waktu
|
Jenis Arsip
|
1
2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 |
Bagian Perlengkapan Bagian Perekonomian Kec. Kesamben Kec. Talun Bagian Umum Bagian Pembangunan Inspektorat Kasda Panwas Pemdes Bagian Pemerintahan Kec. Selorejo Kec. Wates Bagian Organisasi |
13 Bok
188 Bok 5 Bok 22 Bok 17 Bok 184 Bok 6 Bok 107 Bok 13 Bok 16 Bok 4 Bok 10 Bok 2 Bok 10 Bok |
2003 – 2006
1950 – 2006 1984 – 2002 1978 – 2003 1978 – 2007 1986 – 1999 1995 – 2000 1980 – 2006 2003 – 2006 1983 – 2002 1977 – 1992 1990 – 2002 1986 – 1996 1991 – 2005 |
Tekstual
Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual Tekstual |
Arsip Statis
No
|
Asal Arsip
|
Jumlah
|
Kurun Waktu
|
Jenis Arsip
|
1
2 3 4 |
BP – 7 Kantor Arsip Daerah Pembantu Bupati di Blitar Bagian Kepegawaian |
43 Bok
5 Bok 8 Bok 74 Bok |
1966 – 1999
2001 1981 – 2000 1950 – 2000 |
Tekstual
Tekstual Tekstual Tekstual |
Database Grand Desain
Kabupaten Blitar | ||
a | Format 1 : Format FM 01 (Data Umum Pelaksana di Daerah) | |
Tahun 2012 | ||
b | Format 2 : Format FM 02 (Kesesuaian Rencana dan Realisasi) | |
Tahun 2012 | ||
c | Format 3 : Format FM 03 (Perkembangan Pelaksanaan Kegiatan Internal) | |
Tahun 2012 | ||
d | Format 4 : Format FM 04 (Check List Mekanisme Pelaksanaan) | |
Tahun 2012 | ||