HOROSKUP PUSTAKAWAN

HOROSKUP PUSTAKAWAN

( sebuah tinjauan berdasarkan astrologi untuk profesi pustakawan)

 

AQUARIUS ( 21 Januari- 19 Februari )

  • Orang yang berpandangan mendahului jamannya, 40 tahun kedepan.Cemerlang dalam hal ide dan sekaligus penerapan ide tersebut.Kalau Aries merupakan kambing kepeloporan dalam segi-segi fisik maka Aquarius adalah penjelajah dunia fakir, dunia ide-ide. Tidak begitu sabar terhadap sikap hati-hati sikap malas administrator.Ia memberi birokrasi yang berbelit-belit, tetapi dia mampu mencari jalan pintas dan menyederhanakan prosedur untuk efektivitas kegiatan yang bersifat rutin. Konsep Aquarius tentang perpustakaan sabagai “ laboratorium belajar “ ditimbangnya literature-leteratur pilihan. Dia gemar belajar.Perpustakaan yang dipimpin Aquarius akan tampil semarak, menarik, walau seringkali menyalahi aturan-aturan yang tradisional.Namun pola yang diterapkannya itu sungguh-sungguh merupakan suatu perbaikan yang menawan.

PISCES ( 20 Februari s/d 20 Maret )

  • Piscees merupakan figure yang sensitive,artistic, dan kreatif.Perpustakaan yang dikelolanya memang mungkin tidak begitu terorganisir dengan baik, namun koleksi yang dipilihnya merupakan koleksi yang terbaik. Kalau perpustakaan mempunyai koleksi khusus benda-benda seni, misalnya lukisan dan sejenisnya, pustakawan Pisces merupakan orang yang tepat untuk itu.
  • Untuk perpustakaan sekolah, pustakawan Pisces dicintai oleh anak-anak.Anak-anak itu sangat menggemari keramahan Pisces yang dalam acara mendongeng selalu ditemani boneka-boneka yang manis dan lucu. Hanya sedikit dari zodiac yang bertanda dua ekor ikan ini tampil sebagai pimpinan, sebab ia memang kurang begitu menyukai kalau hidupnya terlalu dirampas oleh kegiatan kegiatan resmi. Tidak seperti Capricorn, Pisces menyukai acara-acara seminar, workshop, guna menimba ide-ide baru atau bertemu dengan rekan-rekan

ARIES ( 21 maret – 20 April)

  • merupakan rumah pertama dari kalender astronologi yang disimbulkan dengan ekor kambing.Senyumnya ramah, bijak, tertarik dan antusias terhadap ide baru dan petualangan.Aries adalah seorang realis yang idealis. Tidak begitu cakap dan efisien dalam organisasi, tetapi mempunyai segudang ide.untuk memperbaikinya.baik sebagai administrator atau supervisor dari program-program perpustakaan sekolah. Hasil-hasil yang akan dicapainya bukan hanya lamunan belaka, semua serba mungkin bagi dirinya.Orang berbinrtang Aries mengharapkan bantuannya agar senantiasa antusias bekerja seperti pustakawan yang dibawah pengawasannya. Pustakawan Aries bekerja selalu berdasarkan standar-standar perpustakaan yang paling mutakhir

 TAURUS (21 April-21 Mei)

  • pustakawan yang dibawah rasi ini benar—benar menikmati pekerjaannya mengorganisir dan menganalisis informasi untuk kepentingan pemustaka. Dengan suka hati dia menulusur informasi-informasi  itu baik yang terekam dalam filmstrip, pita rekaman atau koleksi yang lain. Jika berada di perpustakaan sekolah akan ditodong para siswa untuk mencarikan tugas dari guru secara bersamaan, tapi bagi Taurus bukan hal gangguan, sebab dia akan mengulurkan tangannya untuk memberikan bantuan kepada siswanya dan akan meloloskan permintaanya, dengan tepat..Taurus bisa mandiri, mulai pengkatalogan buku kuno, dan akan bersedia menyediakan koleksi untuk kepentingan pembelajaran. Pribadi Taurus yang stabil dan kita semua membutuhkan keterampilan. Taurus jika tidak mampu melakukan pemrosesan awal sesuatu bahan, sementara Taurus malah akan menyelesaikannya hingga bahan pustaka itu siap didayagunakan untuk kepentingan pemustaka secepatnya.

GEMINI ( 21 Mei-21 Juni)

  • Enerji pustakawan Gemini benar-benar mengagumkan. Beberapa beban kerja yang sedang berjalan dicakupnya jadi dia menikmati pekerjaan ini. Jika sudah bekerja selalu ingin selesai. Orang Genimi akan sukses bila ia bekerja pada bagian bimbingan pemakai, membantu anak-anak PSG,KKN. Pribadinya sangat hanyat dan memancing minat pemustaka untuk mendiskusikan sesuatu masalah secara terbuka dan enak.Daya persuasinya sangat mengagumkan, termasuk dalam meyakinkan para atasan.Pustakawan Gemini paling tepat bila ia menjabat sebagai membimbing pemakai, yang membuat perpustakaan penuh warna dengan aktivitasnya. Yang perlu diperhatikan diantara kesibukan yang menggembirakan dirinya ia harus ingat pula akan kebutuhan untuk rileks dan istirahat.

 CANCER(21 Juni – 23 Juli)

  • Pribadi Cancer dikauruniai sikap ramah yang hangat, penuh kasih sayang, tetapi takut untuk mempertunjukkanya. Seringkali berdiri dibalik sikap tak acuh sementara yang sebenarnya ia benar-benar demikian. Kadangkala mengagetkan teman seprofesinya tatkala dibalik permukaan pribadinya yang tenang itu meletuskan humor yang sangat menguras air mata.Pustakawan Cancer membutuhkan ketenangan dan rasa aman dalam bekerja. Ia ingin tahu persis berapa anggaran yang tersedia, berapa banyak buku, bahan referensi, majalah dan lain sebagainya. Perhitungan cermat, kadangkala senang mengkoleksi bersubyek masak-memasak, berkebun, fotografi, yang dapat merefleksikan minatnya. Cancer adalah eksekutif yang baik, sekaligus mencari bakat yang baik.Dia selalu memberi respon positif kepada anak buah untuk sekolah, mengikuti diklat,seminar, sehingga dia selalu sukses membujuk pribadi-pribadi yang potensial untuk terjun menyemarakan kerja dilingkungan perpustakaan.

LEO (24 Juli-23 Agustus )

  • Ciri yang sangat tampak dari mereka yang dibawah rasi leo adalah, kuat, berwibawa, dan dominan.Suka memproklamirkan apa yang sedang ia kerjakan, ia cakap sebagai pengajar atau administrator, gaumnya lebih menciutkan nyali daripada gigitannya. Dalam organisasi profesi, pilihan pustakawan Leo tepat untuk jabatan pimpinan, ia tepat untuk itu, ia mampu memilih orang-orang yang sanggup bekerja dengan hasil terbaik sampai detail-detailnya.menyukai pekerjaan keras dan tepat bila duduk pada sebuah lembaga pendidikan ilmu perpustakaan. Kehadiran Leo adalah kehadiran rangsangan, kegairahan,   ia   selalu menyertai orang-orang yang menginginkan bantuannya.Leo berbicara penuh otoritas dan berani menjelajahi hal-hal baru.bersama Aries dan Sagitarius, ketiganya mampu terjun ditengah-tengah peliknya problem, dan menyelesaikannya.

VIRGO (24 Agustus-23 September )

  • Ia sadar sekali bahwa pelbagai faset kehidupan ini haruslah diubah, ia akan mengusahakannya secar tertib dalam mencari pelbagai jalan untuk melembagakan perubahan-perubahan itu. Virgo adalah seorang yang perfeksionis dan ia selalu terganggu oleh ketidak cermatan atau ketidak jelasan. Si Dia menginginkan jawaban yang eksak, itulah ia berpotensi besar untuk memegang kendali tugas-tugas klasifikasi dan pengkatalogan.Dia akan turun tangan menata schedule perpustakaan serta akan merapikannya apabila pustakawan yang berwenang tampak tenggelam dalam pelbagai aktivitas. Sebagai seorang administrator akan beruntung apabila dibantu oleh tehnisi yang satu ini.Virgo sebaiknya memimpin sebuah perpustakaan kecil atau bekerja di bawah pimpinan yang betul-betul dapat ia andalkan kemampuan intelektualnya.Sungguh, ia menyukai segi-segi ini.

LIBRA ( 24 September-23 Oktober )

  • Libra yang memiliki lambang sebuah neraca ini merupakan cermin pribadi yang romantis,idealis, dan pemimpin. Libra mudah tersinggung dan oleh karena itu ia membangun tembok-tembok di sekelilingnya. Umumnya pintar, pandai merangkai kata-kata yang penuh nuansa. Walupun ia menganggap dirinya lebih suka menekuni pekerjaan sebagai administrator, tetapi Libra akan lebih sukses apabila ia menjadi pengajar pada pendidikan ilmu perpustakaan, dan mampu membuat artikel-artikel pada majalah profesi perpustakaan. Dia sangat cocok membenahi perpustakaan yang baru berdiri. Dia akan aktif melibatkan diri, baik sejak memilih perabot, koleksi, menguber dana sampai menyeret wartawan Koran setempat untuk mau meliput aktivitas perpustakaannya.

 

SCORPIO ( 24 Oktober-22 Nopember).

  • Pribadi yang penuh disiplin, mampu mengendalikan diri, tahu betul apa yang ada difikirannya serta menjabarkan secara jelas. Scorpio pantas dan cocok ditempatkan pada bagian personalia. Pribadinya  yang ramah akan menarik orang- orang muda untuk bebas dan lancer dalam mendiskusikan
    kesempatan karir di  perpustakaan. Acara-acara seperti pameran buku,  misalnya akan berjalan lancar di tangan dia. Bahkan untuk semacam urusan dia. Bahkan untuk semacam urusan publikasi, pres relese di surat kabar, dialah orang yang tepat untuk mengaturnya, Orang scorpio biasanya dianggap terlalu ketat dan suka mengurus hal-hal sampai detail-detailnya. Anggapan itu terlalu berlebihan. Dia bersikap demikian semata-mata agar pekerjaanya sukses.kelebihan lain dari Scorpio ialah kefasihannya melontarkan gagasan atau ide melalui pidato dibandingkan secara tertulis. Lihat acara mendongeng di perpustakaan akan sukses ditangan seorang Scorpio.

SAGITARIUS (23  Nopember – 21 Desember )

  • Figur seorang administrator perpustakaan yang dapat diandalkan. Dia mampu membujuk pimpinannya untuk menggolkan program-program yang telah disusunnya. Argumentasinya yang diutarakan secara gamblang, ditunjang oleh data dan fakta yang meyakinkan.Sagitarius mampu membaca      kebutuhan     anggaran      pengembangan koleksi untuk program tiga tahun kedepan, mengerti akan makna ensiklopedia yang harus digantikan oleh edisi baru,     hafal betul akan agen atau toko buku yang memberikan layanan    terbaik atau sebaliknya. Sebenarnya Sagitarius     adalah profil pembaharu, bila ia mempercayai sesuatu standar terbaru mempunyai kelebihan, dialah orang pertama yang akan   menerapkan di perpustakaan.Tetapi ia bukan   orang yang sewenang –  wenang.  Ia   tahu    betul    segi   – segi  logis yang menunjang keputusannya yang  revolosioner itu.

CAPRICORN ( 22 Desember – 20 Januari ).

Profil seorang detektif.Ia mampu menjawab pertanyaan referensi yang “ aneh-aneh” yang zodiac lain membuat posing kepala.Sebagai kelebihan yang menonjol ialah kemampuannya dalam berorganisasi.Dia mampu mengatur anggaran, seyogyanya Capricorn jangan ditinggalkan saat menyusun anggaran sekaligus pengelolanya. Capricorn tidak begitu cakap dalam pemilihan koleksi(ini minat  Aquarius) tetapi ia cakap dan cermat dalam menyusun blanko-blanko pemesanan. Perpustakaan yang dipimpinnya tentu memiliki catatan akuisisi yang rapi. Ia menyukai pekerjaan dan kesibukan.Bila teman-teman sekantor pergi ke seminar profesi, jangan kuatir semua pekerjaan akan beres ditangan Capricorn yang tidak begitu menyukai kegiatan konferensi atau seminar.