Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh setiap tanggal 14 September, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan sejak awal hingga akhir bulan ini, antara lain bedah buku karya Kalis Mardiasih Sister Fillah, You’ll Never be Alone, kampanye literasi digital, dan Launching Antologi Puisi. Selain itu kegiatan-kegiatan rutin seperti Dongeng Onlen (Dolen), diskusi literasi aneka tema Bahas Apa Saja (Bahasa), layanan perpustakaan keliling, program Khasanah Naskah Kuno dan Repository Jawa Timur (KHAS JATIM), dan bimbingan kepustakawan Librarianship Consultation (Laron) semakin dintensifkan guna menyemarakkan Hari Kunjung Perpustakaan. Tujuannya adalah untuk mengajak seluruh masyarakat supaya gemar membaca dan berkunjung ke perpustakaan.

Perayaan Hari Kunjung Perpustakaan dimulai sejak 14 September 1995 yang ditetapkan berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 020/A1/VIII/1995 tanggal 11 Agustus 1995 kepada Presiden Soeharto. Surat tersebut mendapat tanggapan Presiden yang selanjutnya meresmikan tanggal 14 September sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Di saat yang sama bulan September juga diresmikan sebagai Bulan Gemar membaca.

Hari Kunjung Perpustakaan merupakan momentum yang patut untuk dirayakan sebagai pengingat cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan sebagai sumber informasi. Di tengah perkembangan teknologi informasi yang semakin masif, momen ini seolah menjadi tonggak yang berupaya kembali membangkitkan semangat pustakawan dan stakeholder terkait untuk menyusun strategi agar perpustakaan tetap dimanfaatkan semaksimal mungkin, berdampingan dengan sumber informasi lain yang dapat bebas diakses oleh masyarakat.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2022 dapat menjadi media promosi koleksi, pelayanan informasi, dan promosi pembudayaan kegemaran membaca untuk masyarakat, sehingga ketermanfaatan sarana dan prasarana yang tersedia di perpustakaan semakin meningkat. Melalui berbagai kegiatan ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur juga berharap dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan literasi masyarakat Jawa Timur sehingga mampu menjadi SDM yang berkualitas dan berdaya saing. (Lilis)