Upaya membangun layanan yang berkualitas di lingkungan perpustakaan perlu didukung dengan ketersediaan tenaga perpustakaan yang kompeten, memiliki kualifikasi akademik yang dipersyaratkan dan juga memiliki kompetensi profesional dan personal yang diakui secara formal oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terpercaya. Profesionalisme tenaga perpustakaan diharapkan mampu mendukung peningkatan produktifitas dan daya saing masyarakat Indonesia di Tingkat Nasional maupun Global.

Pustakawan merupakan jabatan profesional dan telah diakui keberadaannya sejak tahun 1988. Berbagai peraturan pemerintah telah diberlakukan agar jabatan fungsional pustakawan terus berkembang dan kualifikasi serta kompetensi pustakawan sesuai standar yang berlaku. Peraturan-peraturan yang menjadi pedoman bagi pustakawan telah beberapa kali direvisi, terakhir adalah dengan diterbitkannya Peraturan Menpan dan RB nomor 9 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya serta peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 11 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Untuk itu berbagai penyesuaian butir-butir kegiatan dan angka kreditnya perlu diketahui oleh para pustakawan.

Maka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pejabat Fungsional Pustakawan di Hotel Platinum Surabaya (23-25/8/2022) yang diikuti oleh 60 (enam puluh) peserta guna mendukung upaya tersebut.

*(nad-psd)