Kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir, dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat. Upaya pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu, keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat (Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Bab XIII pasal 48 ayat 1).

Bertutur/bercerita merupakan salah satu cara untuk membangkitkan minat baca anak karena lewat bertutur anak-anak jadi semakin tertarik untuk membaca buku khususnya buku-buku cerita, oleh karena itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur melalui Pembudayaan Kegemaran Membaca mengadakan Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 pada tanggal 21 Juli 2022 yang diikuti 30 peserta dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Dan masing-masing kabupaten/kota mengirim satu (1) orang peserta, dengan dewan juri sebanyak 3 (tiga) orang yang dipilih dari komunitas kumpul dongeng. Kegiatan ini dilaksanakan tepat pukul 08.30 WIB s.d selesai bertempat di Aula Grha Pustaka Jalan Menur Pumpungan No. 32, Surabaya.

Peserta yang ikut sudah terseleksi karena di kabupaten/kota menjadi pemenang untuk mewakili daerahnya ke tingkat Provinsi Jawa Timur. Namun untuk tahun 2022 Lomba bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI hanya sampai pada tingkat Provinsi karena untuk Tingkat Nasional untuk tahun 2022-2023 sementara ditiadakan dulu.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi karena terdapat 30 peserta. Sesi pertama (1) dengan nomer urut 1-17 dimulai pukul 06.30 WIB untuk mengadakan registrasi terlebih dahulu. Dan sesi 2 nomer 18-30 setelah sesi pertama selesai, hal ini dikarenakan masih dalam protokol kesehatan guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Dan untuk nomer urut peserta sudah dibagikan melalui undian pada waktu technical meeting.

Berdasarkan penilaian Dewan Juri dalam Berita Acara untuk pemenang Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 pemenang lomba adalah sebagai berikut:

NO.NAMA PESERTANO. TAMPILASAL PESERTANILAIPERINGKAT
1.Putri Syifa Claudia13Kab. Magetan968I
2.Rusydan Brilliant Akbar Nalendra1Kab. Probolinggo945II
3.Danisha Nur Fahma Sania7Kota Probolinggo931III
4.Anindya Rizqi Maulana29Kab. Jember925IV
5.Talitha Iftinah Syahada10Kab. Lamongan920V

Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Provinsi Jawa Timur diharapkan dapat menjadi wadah pengenalan dan promosi cerita-cerita di daerah atau lokal konten sehingga masyarakat terutama anak-anak dapat belajar tentang kebudayaan yang sangat beragam melalui media yang menyenangkan. Selanjutnya, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat baca menjadi kegemaran membaca. (Oemi Hanik, S.Sos)