Surabaya- Disperpusip. Promosi meningkatkan kegemaran membaca selalu digaungkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dari masa  ke masa, terlebih lagi peningkatan kegemaran membaca menjadi sasaran yang diperhatikan secara khusus mengingat tingkat baca masyarakat masih belum mencapai target. Disperpusip melalui Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Informasi sebagai leading sector dalam meningkatkan kegemaran membaca ini melakukan beberapa cara agar promosi kegemaran membaca menarik bagi masyarakat secara luas. 

Salah satu cara promosi yang dilakukan yaitu melalui ludruk. Pada masa lalu ludruk digunakan sebagai sarana penyampaian kritik kepada penguasa dengan latar belakang kehidupan sehari – hari, saat ini ludruk digunakan sebagai sarana untuk promosi, mengajak masyarakat untuk gemar membaca, manfaat berliterasi, dan tentu juga rajin berkunjung ke perpustakaan untuk memanfaatkan koleksi yang minim berita/ informasi hoaks.

Ludruk Literasi, sejak dalam pembentukannya sudah tampil di beberapa acara, misalnya pada Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan pada tanggal 26 September 2019 di Ruang Graha Pustaka Disperpusip  dan Pameran Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke- 74 pada tanggal 9 Oktober 2019 di Grand City Surabaya. Animo masyarakat dengan promosi melalui ludruk ini sangat antusias, mengingat ludruk merupakan budaya Jawa Timur yang hampir tergerus oleh perkembangan jaman, sehingga secara tidak langsung juga melestarikan budaya ludruk ini.

Ke depan, Ludruk Literasi tetap eksis dan mempromosikan kegiatan perpustakaan dan peningkatan kegemaran membaca tidak hanya di wilayah ibukota Jawa Timur saja tetapi sampai kabupaten/ kota lain di wilayah Jawa Timur. (ima)