Surabaya. Setiap tanggal 20 Maret sudah lazim diperingati sebagai hari dongeng sedunia.  Kali ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur memperingati kegiatan tersebut dengan mengadakan dongeng untuk anak dengan tema Darling Beraksi, bekerjasama dengan Komunitas Kumpul Dongeng dan para Pustakawan Disperpusip Jawa  Timur. Darling beraksi ini dilaksanakan di Ruang Anak dan pesertanya dari pemustaka anak yang terdiri kurang lebih 50 anak, dari usia pra sekolah, kelas 1 SD hingga kelas 6 SD.  Bertepatan dengan kegiatan tersebut, untuk mewadahi para pemustaka yang jumlahnya semakin meningkat maka dibentuk pula Komunitas Literasi Perpustakaan Anak Jawa Timur yang bisa disingkat dengan KLAPA JATIM.

KLAPA JATIM terbentuk dengan didasarkan pada pemustaka anak yang perlu banyak kegiatan,  dilaksanakan secara kontinuitas atau keberlangsungan setiap hari. Untuk saat ini KLAPA JATIM rutin mengadakan kegiatan kuis dan mendengarkan dongeng. Selanjutnya akan ditingkatkan yang membuat  komunitas semakin betah berada di perpustakaan, di antaranya lomba puzzle, cerdas cermat literasi atau juga lomba menulis.

Harapan ke depan KLAPA JATIM tetap eksis dan setiap staf Bidang Layanan terutama pustakawannya  memiliki andil yang sama dalam perkembangan KLAPA JATIM sebab menghadapi pemustaka anak beda perlakuan dibanding dengan pemustaka dewasa/ umum. Pemustaka anak membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam melayani mereka. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa PUSTAKAWAN sahabat ANAK. Semoga! (ima)