Berdasarkan PERMENPAN & RB NOMOR 39 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja dan Instruksi Gubernur Jawa Timur Nomor 4 tahun 2002 tentang Pelaksanaan  Program Budaya Kerja dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka setiap aparatur pemerintah diarahkan untuk meningkatkan kinerja melalui pembinaan aparatur yang etis, bermoral, disiplin, profesional, produktif dan bertanggungjawab dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (Good Governance).  Berpijak dari pemikiran tersebut, dalam upaya peningkatan kualitas kinerja aparatur Pemerintah Provinsi Jawa Timur perlu dibentuk Kelompok Budaya Kerja (KBK) pada Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sesuai dengan arahan diatas maka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur untuk kali yang pertama menyelenggarakan SOSIALISASI KELOMPOK BUDAYA KERJA (KBK) tahun 2013 kepada Pejabat Struktural, Fungsional dan Staf berjumlah 60 orang peserta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Mei 2013 bertempat di Hotel Sahid Gunawangsa Surabaya dan dibuka sendiri oleh Bapak Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Drs. A. Mudjib Afan, MARS. Pembicara  dalam Sosialisasi KBK kali ini adalah Drs. Muhibbin, SH., M.Si dari Biro Organisasi dan Bapak Sungkono Tri Hartono dari PT Sucofindo, Kepala Sub Bidang Operasional.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Kelompok Budaya Kerja dilingkungan Badan Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Jawa Timur tahun 2013 adalah (a) Meningkatkan profesionalisme kinerja aparatur Pemerintah Daerah khususnya aparatur di Badan Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Jawa Timur (b) Mengetahui sejauhmana perkembangan Kelompok Budaya Kerja (KBK) di bidang-bidang dan Sekretariat berikut penerapannya (c) Mempersiapkan lebih dini untuk mengikuti gelar budaya kerja tingkat provinsi bulan September 2013 (d) Turut serta mensukseskan program pelayanan publik.

Kegiatan sosialisasi KBK ini merupakan kegiatan tahap I, selanjutnya tahap II merupakan pelaksanakan KBK di masing-masing bidang yang personil/anggotanya sudah tercantum dalam SK Kepala Badan, tahap III melaksanakan gelar KBK yang direncanakan bulan Juni dengan memillih KBK yang paling siap untuk mengikuti gelar KBK tingkat Provinsi yang merupakan tahap terakhir/IV. Adapun untuk memberikan rangsangan kepada KBK yang ada di bidang-bidang  untuk membuat risalah terbaik maka akan dipilih dan diberikan penghargaan berupa trophy, uang pembinaan dan piagam penghargaan kepada terbaik I, II dan III. 

>>>(purwati-asep)<<<