Tindak lanjut dari kegiatan SOSIALISASI KELOMPOK BUDAYA KERJA (KBK) tahun 2013 kepada Pejabat Struktural, Fungsional dan Staf yang dilaksanakan tanggal 2 Mei 2013 yang lalu kini saatnya Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan gelar Kelompok  Budaya Kerja (KBK) tahun 2013. Dasar pelaksanaan KBK adalah PERMENPAN & RB NOMOR 39 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja dan Instruksi Gubernur Jawa Timur Nomor 4 tahun 2002 tentang Pelaksanaan  Program Budaya Kerja dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka setiap aparatur pemerintah diarahkan untuk meningkatkan kinerja melalui pembinaan aparatur yang etis, bermoral, disiplin, profesional, produktif dan bertanggungjawab dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (Good Governance). 

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur untuk pertama kali menyelenggarakan GELAR KELOMPOK BUDAYA KERJA (KBK) tahun 2013 yang dilaksanakan di Royal Tretes View Hotel, Tretes – Jawa Timur pada tanggal 17 – 18 September 2013 bertujuan untuk menjaring yang terbaik dari KBK yang ada di bidang-bidang di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dibuka sendiri oleh Bapak Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Drs. A. Mudjib Afan, MARS, dihadiri oleh seluruh Pejabat structural beserta 8 (delapan) KBK yang ada. Sedangkan Juri mengundang dari Biro Organisasi dan Bapak Sungkono Tri Hartono dari PT Sucofindo, Kepala Sub Bidang Operasional.

8 (Delapan) KBK ini berasal dari bidang-bidang yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 (lima) orang : Penanggungjawab, sekretaris, Ketua KBK dan Anggota. Kedelapan KBK tersebut antara lain :

  1. KBK Sekretariat
  2. KBK Promosi Pemanfaatan Layanan Arsip
  3. KBK Pelestari Pusaka Jawatimuran
  4. KBK Pustakawan Prima
  5. KBK Yan-Ma
  6. KBK PAI
  7. KBK PAS
  8. KBK Bank Arsiparis

Setelah semua memaparkan hasil kerja KBK, juri memutuskan yang terbaik dalam pagelaran KBK adalah sebagai berikut :

  • Terbaik I : KBK Promosi Pemanfaatan Layanan Arsip (Bidang Publikasi, Promosi     Perpustakaan dan Jasa Kearsipan)
  • Terbaik II: KBK Yan-Ma (Bidang Layanan Perpustakaan dan Informasi)
  • Terbaik III: Bank Arsiparis (Bidang Pembinaan dan Pemasyarakatan Kearsipan)

Sebagai 3 (tiga) yang terbaik akan diberikan penghargaan berupa trophy, uang pembinaan dan piagam penghargaan. Selanjutnya terbaik I akan mewakili Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dalam gelar KBK tingkat Provinsi (purwati-asep)