LAYANAN MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING (MPK) DI SDN BARATAJAYA – DAN SDN KENDANGSARI III SURABAYA

Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi  yang memiliki kekuatan yang sangat luas mencakup berbagai ilmu pengetahuan, teknologi. Perpustakaan merupakan salah satu unit kerja yang menduduki posisi yang sangat strategis, ekonomis, dan geografis bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945 berperan sebagai sarana pelaksanaan belajar mandiri, pendidikan seumur hidup bagi individu maupun kelompok masyarakat.

Untuk bisa memanfaatkan sebuah perpustakaan itu kita perlu mengenal perpustakaan Mobil Perpustakaan keliling (MPK) tersebut. Memupuk kemampuan memanfaatkan perpustakaan harus dimulai dengan mengenal organisasi dan jenis koleksi perpustakaan serta memiliki pengetahuan tentang buku- buku referensi (acuan), yaitu mengenai ruang lingkup, isi dan susunanya .Kita juga harus bisa meyakinkan para pengguna perpustakaan tersebut, bahwa perpustakaan itu sangat penting bagi kita dalam menunjang kegiatan belajar mengajar.

Perpustakaan Keliling sangat penting untuk kita kenalkan kepada masyarakat , terutama pada masyarakat umum, pelajar yang memang sangat perlu dalam menunjang pendidikan mereka. Seperti Perpustakaan Keliling Badan Perpustakaan Dan Kearsipan provinsi Jawa Timur . yang telah mengunjungi beberapa sekolah. Perpustakaan Keliling harus kita kenalkan kepada masyarakat umum maupun pelajar yang berhubungan dengan perpustakaan, supaya  masyarakat bisa memanfaatkan segala fasilitas yang ada di perpustakaan karana tugas Perpustakaan keliling untuk datang ketempat yang dituju.

Untuk itu kita sangat perlu untuk mengadakan pendekatan tentang Perpustakaan Keliling kepada masyarakat. Pendekatan sangatlah  penting untuk agar koleksi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bagaimana sebuah Perpustakaan Keliling itu bisa berjalan dengan baik menuju lokasi dan apa saja layanan yang ada di Perpustakaan Keliling, dimana saja lokasi-lokasi yang akan dikunjungi, apa manfaat dari Perpustakaan Keliling, hal tersebut bisa kita terapkan dalam kegiatan apa saja.

Maka untuk mencapai target pengunjung, dan kepuasan masyarakat mereka dengan fasilitas yang ada di perpustakaan keliling sangat diperlukan suatu strategi pendekatan. Strategi pendekatan  ini sangat berguna dalam meningkatkan kualitas pengunjung juga kualitas dari Perpustakaan Keliling itu sendiri.

Perpustakaan Keliling merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan minat baca dan kegemaran mambaca atau belajar masyarakat Jawa Timur pada umumnya dan dan masyarakat di pedesaan pada khususnya yang jauh dariperpustakaan yang mana pada rangka pendidikan seumur hidup. Usaha ini dapat memberikan kesempatan pemerataan untuk memperoleh informasi dan pengembangan pengetahuan bagi masyarakat.

Berkaitan dengan Kunjungan Mobil Perpustakaan Keliling ( MPK) ke SDN Baratajaya Surabaya, banyak siswa yang berebut mencarai buku, bahkan ada buku yang disenangi oleh sepuluh anak dan membaca secara bersama. Buku-buku ilmu pengetahuan dalam bentuk komik laris manis, buku tanaman juga menjadi bahan bacaan mereka.  Sedangkan SDN Kendangsari III juga berebut mencari buku-buku cerita rakyat dan buku-buku fiksi. Bahkan ada siswa yang mencari buku tentang Raden Kiansantang dan Brahmakumbara. Pengunjung MPK SDN Baratajaya sebanyak 321 siswa, dan buku yang dibaca sebanyak 427 eksemplar, untuk SDN Kendangsari III jumlah pengunjung 293 siswa dan buku yang dibaca sebanyak 343 eksemplar.Untuk  pelayanan  mulai pukul 09.00 – 10.30 WIB. Harapan para siswa agar Mobil Perpustakaan keliling hadir lagi. (yns)